Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SBY Masih Pertimbangkan Calon KSAD

Kamis, 23 Juni 2011 – 05:50 WIB
SBY Masih Pertimbangkan Calon KSAD - JPNN.COM
JAKARTA - Hingga tadi malam, nama Kepala Staf TNI Angkatan Darat  baru pengganti Jenderal George Toisutta belum diumumkan. Sejumlah kalangan menilai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bimbang menentukan siapa yang paling pantas memegang tongkat komando Korps Kartika Eka Paksi.

Sebelumnya, KSAD Jenderal George Toisutta menjelaskan tinggal tiga nama yang berpeluang menggantikan dirinya. Yakni Letjen Budiman (Wakasad), Letjen Pramono Edhi Wibowo (Pangkostrad), dan Letjen Marciano Norman (Dankodiklat TNI AD). "Yang lain terhambat faktor usia," katanya Senin lalu.

"Jelas ada keraguan. Kalau memilih Pramono nanti bisa dituding nepotisme, sementara jenderal yang lain juga punya kesempatan yang sama," ujar Koordinator Kontras Haris Azhar di Jakarta kemarin. Kontras yang didirikan almarhum Munir selama ini konsisten mendampingi korban-korban kekerasan dan penggusuran.

Selain itu, menurut Haris, hingga kini, belum ada satu dari ketujuh perwira bintang tiga atau letnan jenderal yang menyuarakan komitmen agar TNI AD tidak kembali berpolitik.  "Proses pemilihan KSAD tidak pernah ada satu aturan yang baku. Karena sangat rentan intervensi politik," katanya.

JAKARTA - Hingga tadi malam, nama Kepala Staf TNI Angkatan Darat  baru pengganti Jenderal George Toisutta belum diumumkan. Sejumlah kalangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA