Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SDM Seperti Ini Bakal Menguasai Masa Depan

Selasa, 23 Maret 2021 – 22:16 WIB
SDM Seperti Ini Bakal Menguasai Masa Depan - JPNN.COM
Direktur Agama, Pendidikan, dan Kebudayaan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Amich Alhumami. Foto tangkapan layar YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Era revolusi industri 4.0 menuntut sumber daya manusia (SDM) tidak hanya menguasai literasi lama seperti membaca, menulis dan matematika, tetapi juga literasi jenis baru.

Tanpa itu, mereka akan kalah bersaing di masa depan.

"SDM berkualitas dengan kecakapan literasi tinggi yakni menguasai literasi baru akan memiliki peran dominan di era revolusi industri 4.0," kata Direktur Agama, Pendidikan, dan Kebudayaan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Amich Alhumami dalam rakornas bidang Perpustakaan 2021 secara virtual, Selasa (23/3).

Dia menjelaskan, literasi baru yang disebut juga sebagai literasi inklusi sosial mencakup beberapa aspek. Yaitu, literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia.

"Tuntutan ini sejalan dengan perkembangan teknologi yang makin cepat," ujarnya.

Amich Alhumami memaparkan, literasi data meliputi kemampuan untuk membaca, melakukan analisis dan menggunakan informasi (big data) di dunia digital.

Kompetensi ini mutlak dimiliki generasi bangsa menghadapi dunia yang semakin kompleks di masa depan.

Kemudian literasi teknologi meliputi berbagai kemampuan seperti pemahaman cara kerja mesin, aplikasi teknologi seperti coding, pemrograman, artificial intelligence (AI) dan juga engineering principles atau kemampuan menyelesaikan masalah-masalah teknis.

Apa saja ciri SDM yang bakal menguasai masa depan? Simak penjelasan dari pejabat di Kementerian PPN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close