Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SEA Games 2017: Pak JK Kecewa, Menpora pun Minta Maaf

Rabu, 30 Agustus 2017 – 19:38 WIB
SEA Games 2017: Pak JK Kecewa, Menpora pun Minta Maaf - JPNN.COM
Wakil Presiden M Jusuf Kalla. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia hanya finis di peringkat lima SEA Games 2017. Target 55 medali emas gagal, cuma dapat 38 emas. Wakil Presiden Jusuf Kalla atau Pak JK kecewa, Menpora pun minta maaf.

Indonesia pernah menjadi negara terhebat di Asia Tenggara. Setiap perhelatan SEA Games, Indonesia nyaris selalu keluar sebagai juara umum. Namun, kini, jangankan juara umum, mendekati tiga besar saja tidak mampu.

(Ini Perolehan Akhir Medali di SEA Games 2017)

Di SEA Games ke-29 yang diselenggarakan di Malaysia, Indonesia hanya menduduki peringkat kelima. Itu sangat kontras dengan prestasi Indonesia selama kurun 1977 sampai 1997 silam. Saat itu, dalam sepuluh kali penyelenggaraan SEA Games, hanya dua kali Indonesia tidak menjadi juara umum.

”Kecewa lah karena tidak mencapai target yang dicanangkan semula,” kata Wapres Jusuf Kalla terkait prestasi Indonesia di SEA Games Malaysia.

Awalnya, Indonesia membidik setidaknya peringkat keempat SEA Games. Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima), yang berwenang menyelenggarakan pelatnas, menargetkan setidaknya 55 medali emas untuk menembus peringkat itu.

Sayang, realitas di lapangan berbicara lain. Jangankan 55 emas, 50 emas saja mustahil dicapai. ”Ini nomor lima dan agak jauh dengan yang nomor empat,” keluh Pak JK.

Namun, JK memastikan, prestasi buruk di SEA Games akan menjadi bahan evaluasi secara menyeluruh. Sebab, pada Agustus 2018, Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games. ’’Masih ada waktu satu tahun lah untuk meningkatkan latihan,” ungkap JK yang juga menjadi ketua dewan pengarah Indonesia Asian Games Organizing Committee (Inasgoc).

Indonesia hanya finis di peringkat lima SEA Games 2017. Target 55 medali emas gagal, cuma dapat 38 emas. Wakil Presiden Jusuf Kalla atau Pak JK kecewa,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close