Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sebagian Besar Kasus Hepatitis Tidak Terdiagnosis, Deteksi Dini Penting Dilakukan

Rabu, 21 Agustus 2024 – 14:36 WIB
Sebagian Besar Kasus Hepatitis Tidak Terdiagnosis, Deteksi Dini Penting Dilakukan - JPNN.COM
Reagen Abbott, solusi diagnostik unggulan skrining hepatitis, khususnya virus HBsAg pada Hepatisis B dan Anti HCV pada Hepatitis C. Foto dok. IRRA

jpnn.com, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan sekitar 354 juta orang di seluruh dunia menderita hepatitis B atau C. Dari jumlah tersebut sebanyak lebih dari satu juta orang meninggal karena hepatitis setiap tahunnya. 

Di Indonesia, diperkirakan sekitar 20 juta orang menderita hepatitis, dengan prevalensi tertinggi pada kasus hepatitis B.

Jika kondisi ini terus terjadi, virus hepatitis dapat membunuh lebih banyak orang di dunia setiap tahunnya daripada gabungan malaria, tuberkulosis, dan HIV/AIDS pada 2040.

“Sebagian besar kasus hepatitis tidak terdiagnosis karena gejalanya sering kali tidak terlihat hingga penyakit sudah mencapai tahap lanjut," kata General Manager Market Access PT Itama Ranoraya Tbk. Satria Mulia Chaerudin.dalam keterangannya, Rabu (21/8).

Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk menjalani skrining rutin, terutama mereka yang berada dalam kelompok risiko tinggi, seperti mereka yang memiliki riwayat transfusi darah atau penggunaan jarum suntik bersama.

Praktik preventif terbaik untuk mengurangi risiko hepatitis meliputi vaksinasi, terutama untuk hepatitis A dan B, menjaga kebersihan tangan, memastikan makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam keadaan bersih dan matang, serta menghindari penggunaan jarum suntik secara bergantian.

"Kita dapat mengurangi prevalensi hepatitis yang tidak terdiagnosis dan meningkatkan peluang pengobatan dini," ucapnya.

Dia menambahkan, dalam kaitan memperingati Hari Hepatitis Sedunia yang jatuh di 28 Juli lalu, sebagai perusahaan penyedia peralatan dan perlengkapan medis berteknologi tinggi, pihaknya berpartisipasi mendorong deteksi dini penyakit hepatitis. 

Sebagian besar kasus Hepatitis tidak terdiagnosis, sehingga deteksi dini penting dilakukan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA