Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sebegini Alokasi Anggaran Pindah Ibu Kota Tahun 2020

Kamis, 26 September 2019 – 09:55 WIB
Sebegini Alokasi Anggaran Pindah Ibu Kota Tahun 2020 - JPNN.COM
Menteri PPN/Bappenas, Bambang Brodjonegoro. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, pada APBN 2020, pemerintah mengalokasikan duit sekitar Rp 2 triliun untuk tahap awal pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

Anggaran tersebut menurut mantan Menteri Keuangan ini terbesar di sejumlah kementerian yang terlibat dalam proses pindah ibu kota.

"Itu total beberapa kementerian untuk persiapan master plan, urban design, sama dimulainya infrastruktur dasar," kata Bambang di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/9).

Infrastuktur dasar yang akan dibangun terlebih dahulu di kawasan ibu kota negara yang baru, di Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara adalah konektivitas jalan, saluran air di zonasi yang ditetapkan.

Di sisi lain, pemerintah dan DPR terus melakukan rapat-rapat mengenai pemindahan ibu kota negara. Seperti Rabu kemarin, Bappenas menyerahkan hasil kajian kepada Pansus Ibu Kota Negara (IKN).

"Pansus hanya untuk kajian. Kajian sudah kami serahkan dan mereka ingin mendalami. Rancangan Undang-Undangnya nanti sedang disiapkan, kami masukkan tahun ini. Kami harapkan pertengahan tahun depan sudah selesai," tambahnya.(fat/jpnn)

Pada APBN 2020, pemerintah mengalokasikan duit sekitar Rp 2 triliun untuk tahap awal pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close