Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bambang Brodjonegoro Ungkap Penyebab Rendahnya PISA Indonesia: Bukan Pendidikan

Minggu, 28 Juli 2024 – 23:57 WIB
Bambang Brodjonegoro Ungkap Penyebab Rendahnya PISA Indonesia: Bukan Pendidikan - JPNN.COM
Ki-Ka: Chief Operating Officer (COO) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Eduward Ginting, Prof. Bambang Brodjonegoro, dan CEO Tanoto Foundation Benny Lee di sela-sela Tanoto Scholars Gathering (TSG) 2024 di Pangkalan Kerinci, Minggu (28/7). Foto Mesya/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengeklaim hasil PISA 2022 menunjukkan peringkat hasil belajar literasi Indonesia naik 5 sampai 6 posisi dibanding 2018.

Peningkatan ini merupakan capaian paling tinggi secara peringkat sepanjang sejarah Indonesia mengikuti PISA.

Namun, menurut Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional periode 2019-2021 Prof. Bambang Brodjonegoro, angka PISA tersebut masih rendah.

Rendahnya PISA Indonesia ini, sebenarnya bukan semata karena sektor pendidikan.

"Mungkin ada masalah di sektor pendidikan, tetapi bukan hanya satu itu masalahnya. Selama ini kita berputar-putar di masalah pendidikan, padahal PISA rendah bisa disebabkan oleh masalah kesehatan,' kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) (2016-2019) saat memberikan materi pada Tanoto Scholars Gathering (TSG) 2024 di Pangkalan Kerinci, Minggu (28/7).

Indonesia, lanjutnya, menjadi negara nomor dua terbanyak penderita tuberkulosis (TB) di dunia. Begitu juga dengan penyakit kusta Indonesia nomor tiga di dunia.

Belum lagi banyak masalah kesehatan yang belum benar-benar bisa dibereskan termasuk stunting. Bambang mengatakan angka stunting di Indonesia masih di atas 20%.

"Jadi, kalau stunting kita 20%, artinya ada satu dari lima anak di bawah lima tahun di Indonesia menderita stunting," ucapnya. 

Bambang Brodjonegoro mengungkapkan penyebab rendahnya PISA Indonesia, ternyata bukan sektor pendidikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA