Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Seberapa Tebal Peluang Anies Diusung PDIP di Pilkada Jabar 2024?

Kamis, 29 Agustus 2024 – 16:12 WIB
Seberapa Tebal Peluang Anies Diusung PDIP di Pilkada Jabar 2024? - JPNN.COM
Anies Baswedan dan Ketua DPD PDIP Jakarta Adi Wijaya alias Aming di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (24/8). Foto: Aristo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Peluang Anies Baswedan maju di Pilkada Jakarta 2024 makin tipis karena hingga Kamis sore ini belum ada tanda-tanda perubahan peta koalisi partai politik untuk pencalonan gubernur – wakil gubernur.

Kabar terbaru, Anies Baswedan punya peluang diusung PDIP di Pilkada Jabar 2024.

Seberapa besar peluang Anies diusung PDIP menjadi cagub Jabar 2024?

Guru Besar Ilmu Politik Universitas Andalas Prof. Asrinaldi mengatakan bahwa pilihan untuk tidak menjadi kader partai politik akan merugikan karier politik Anies Baswedan.

“Tentu ini akan merugikan Anies sendiri karena ke depan tentu orang lebih mengedepankan aspek kaderisasi atau kader,” kata Prof. Asrinaldi saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Kamis (29/8).

Dia menjelaskan bahwa tuntutan terhadap fungsi partai politik akan membuat pencalonan pemimpin bangsa memprioritaskan kader, bukan tokoh eksternal partai atau nonkader.

Oleh sebab itu, lanjutnya, pilihan tidak menjadi kader partai akan menyulitkan Anies untuk berkontestasi di tingkat nasional pada masa mendatang, seperti Pilpres 2029.

“Akan sulit bagi Anies ke depannya untuk mengikuti agenda-agenda politik besar, terutama menempatkan dia sebagai calon pemimpin bangsa karena tuntutan partai untuk mendorong orang-orang yang hebat itu berpartai, yaitu satu keniscayaan dalam sejarah partai politik yang ada di Indonesia ke depannya,” ujarnya.

Seberapa tebal sih peluang Anies Baswedan diusung PDIP pada Pilkada Jabar 2024? Ah, bikin penasaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA