Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sebutlah Soeharto Apa Adanya

Sabtu, 23 Oktober 2010 – 00:22 WIB
Sebutlah Soeharto Apa Adanya - JPNN.COM
SOEHARTO telah menjadi sejarah, seperti halnya Sriwijaya dan Majapahit yang telah menjadi milik masa silam. Mustahil bangsa ini pulang ke masa-sama  sebelum ia meninggal dunia pada 27 Januari 2008 lalu. Apalagi ke kurun semasih ia berkuasa, sebelum lengser keprabhon pada 21 Mei 1998 lampau. Hanya “mesin waktu” dalam film fiksi saja yang membuat seseorang bisa kembali ke masa lampau yang sangat jauh itu.

Apakah yang dapat kita lakukan ketika kini beberapa pihak mendukung pencalonan dan sekaligus penabalan sosok Soeharto menjadi pahlawan nasional, bersama Gus Dur, dan sejumlah tokoh lainnya. Barangkali, hanya  sederet pelajaran dan pengalaman tentang seorang yang pernah berkuasa 32 tahun di negeri ini, yang coba kita lakukan.

“Dia membuat petani gabah makmur, dan Indonesia sempat swasembada pangan,” kata seseorang. Posyandu, gizi balita dan makanan sehat bagi kaum ibu pernah sukses. Busung lapar tak terdengar. “Pak Harto batuk saja,  Indonesia aman,” kata yang lain.

“Di masa beliau, berbagai proyek besar seperti Wadung Kedungombo dibangun,” celutuk seorang petani. Rupiah stabil, padahal pada 1965-1966 sempat inflasi 600%. Kemudian, Indonesia menjadi “macan Asia” dengan pertumbuhan ekonomi mengagumkan.

SOEHARTO telah menjadi sejarah, seperti halnya Sriwijaya dan Majapahit yang telah menjadi milik masa silam. Mustahil bangsa ini pulang ke masa-sama 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Bersihar Lubis

    Luhut: Pasukan Khusus Sudah Dikerahkan

    Kamis, 14 Januari 2016 – 16:19 WIB
    Luhut: Pasukan Khusus Sudah Dikerahkan - JPNN.com
  • Bersihar Lubis

    Bos Selalu Terpojok

    Sabtu, 23 Juli 2011 – 00:03 WIB
    Bos Selalu Terpojok - JPNN.com
  • Bersihar Lubis

    Fiksi "Gerr" Nazaruddin

    Sabtu, 09 Juli 2011 – 00:09 WIB
    Fiksi "Gerr" Nazaruddin - JPNN.com
  • Bersihar Lubis

    Takdir Politik Era Reformasi

    Selasa, 05 Juli 2011 – 00:05 WIB
    Takdir Politik Era Reformasi - JPNN.com
X Close