Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sederet Beban Berat Shin Tae-yong, Optimistis Timnas Indonesia Moncer

Selasa, 31 Desember 2019 – 06:15 WIB
Sederet Beban Berat Shin Tae-yong, Optimistis Timnas Indonesia Moncer - JPNN.COM
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PSSI telah menunjuk Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. Kedatangan pelatih baru ini seakan membuka harapan bagi timnas dalam memulai babak baru sepak bola Indonesia ke arah yang lebih positif.

Pelatih asal Korea Selatan itu telah menandatangani kontrak bersama PSSI untuk durasi selama empat tahun. Ia dibebani tugas untuk mengurusi timnas senior yang ditargetkan juara Piala AFF 2020.

PSSI tentu berharap banyak dengan kehadiran Shin untuk bisa memperbaiki prestasi sepak bola Indonesia, terlebih Indonesia yang kala itu masih dilatih Simon McMenemy berada di situasi terpuruk di Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2020 zona Asia.

Indonesia mencatatkan nirkemenangan dalam lima pertandingan melawan Malaysia, Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam. Yang lebih buruk adalah tiga dari lima hasil negatif tersebut diperoleh saat laga kandang yang mengantarkan Garuda kini masih berada di dasar klasemen Grup G dengan nirpoin.

Dalam kondisi seperti itu, Shin Tae-yong bakal memikul tanggung jawab yang berat untuk memulai babak baru timnas Indonesia ke tren yang lebih positif. Walaupun telah kalah dalam lima laga terakhir, setidaknya ia bisa memperbaiki catatan buruk itu dan menang di tiga laga tersisa kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sederet tugas berat itu kian bertambah kala Shin Tae-yong juga mendapat tugas khusus melatih timnas U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia 2021, dimana Indonesia bakal menjadi tuan rumah kejuaraan tersebut.

Indonesia yang berstatus sebagai tuan rumah tentu tak ingin jika hanya "numpang lewat" dalam turnamen tersebut. Shin akan bekerja sekuat tenaga untuk membuktikan skuat Garuda Muda bisa lolos di fase grup Piala Dunia U-20 nanti.

Tumpuan besar PSSI kepada Shin Tae-yong untuk memperbaiki kualitas timnas Indonesia itu juga amat dapat dimaklumi dengan statusnya yang pernah mencatatkan sejarah bagi Korea Selatan yang mampu mengalahkan Jerman 2-0 pada fase penyisihan grup Piala Dunia Rusia 2018.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong punya beban berat, tetapi pelatih asal Korsel itu optimistis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close