Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sego Jagung dan Singkong Bikin Badan Langsing, Cegah Diabetes

Kamis, 14 November 2019 – 18:42 WIB
Sego Jagung dan Singkong Bikin Badan Langsing, Cegah Diabetes - JPNN.COM
ki-ka: Robertus Budi Setiono (direktur keuangan), Junaedi Saputro (Direktur Manufaktur dan Teknologi), Iwan Santoso (Direktur Utama GITA Food), dan Ny Iwan Santoso. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat Indonesia khususnya di perdesaan sudah harus mengurangi konsumsi nasi. Pasalnya, jumlah penderita diabetes di Indonesia terbanyak keeanam se-dunia. Dan, terbanyak tinggal di wilayah perdesaan.

"Ini salah satunya dipicu kebiasaan warga desa yang senang minum teh sangat manis. Belum lagi mereka selalu mengkonsumsi nasi baru (beras yang baru panen)," kata Iwan Santoso, selaku Direktur Utama GITA Food di sela-sela pameran International Exhibition on Food & Beverage Product, Technology, Ingredient, Additive, Raw Materials, Services, Equipment and Supplies di Jakarta, Kamis (14/11).

Robertus Budi Setiono, direktur keuangan GITA Food mengungkapkan, berdasarkan data dari International Diabetes Federation (IDF), jumlah penderita diabetes di dunia telah mencapai lebih dari 425 juta jiwa di tahun 2017 dan akan meningkat terus sehingga diperkirakan mencapai 629 juta jiwa di 2045.

Indonesia adalah negara ke-6 dengan jumlah penderita diabetes mencapai 10,3 juta jiwa di bawah China (114,4 juta), India (72,9 juta), Amerika Serikan (30,2 juta), Brazil (12,5 juta) dan Meksiko (12 juta).

Jadi sudah menjadi keharusan bagi pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Kesehatan memberikan perhatian khusus dalam menurunkan resiko kematian akibat penyakit diabetes ini.

Pola hidup berupa menjaga keseimbangan makanan dan olah raga adalah kunci pencegahan dari penyakit diabetes ini.

"Di sini kami ikut membantu pemerintah dalam menekan jumlah penderita diabetes dengan melakukan inovasi-inovasi menciptakan produk makanan sehat. Salah satunya sego (nasi) jagung dan sego singkong. Dari penampilan fisik tidak ada bedanya dengan beras padi. Rasanya juga cukup enak jika dibandingkan beras merah," tuturnya.

Iwan menambahkan, kedua produk beras analog yang dibuat dari bahan baku jagung dan singkong segar ini, diproduksi tanpa pengawet dan pewarna buatan sehingga produk ini bebas dari bahan kimia apapun. Produk ini sudah menjalani uji laboratorium dan terbukti mengandung kandungan serat yang tinggi.

Sego jagung dan sego singkong merupakan makanan sehat yang cocok dikonsumsi para penderita diabetes.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close