Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Seharusnya Balibo Five Tidak Dilarang

Sabtu, 05 Desember 2009 – 15:45 WIB
Seharusnya Balibo Five Tidak Dilarang - JPNN.COM
JAKARTA - Ketua Badan Pengurus Setara Institut Hendardi menegaskan seharusnya film Balibo Five menjadi sarana edukasi bagi masyarakat, bukan malah dilarang penayangannya." Tidak ada alasan apa pun bagi Lembaga Sensor Film (LSF) untuk melarang pemutaran film Balibo Five," kata Hendardi kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (5/11).

Menurutnya, seharusnya LSF memberikan izin penayangan film tersebut, sebagai media pembelajaran bagi masyarakat Indonesia tentang masa lalu yang kelam bagi masyarakat Indonesia. Karena, kata mantan aktivis Timor-timur ini, film Balibo Five ini bisa mengungkap kenyataan peristiwa pelanggaran HAM di Timor-timur pada masa proses kemerdekaannya.

"Jadi tidak benar jika alasan yang digunakan LSF , bahwa pelarangan itu terkait dengan kekhawatiran akan berdampak bagi memburuknya hubungan Indonesia-Timor Leste. Alasan ini, tidak masuk akal," ujarnya.

Balibo Five merupakan film yang dibuat oleh sutradara Australia Rob Conolly diangkat dari kisah terbubuhnya lima jurnalis di wilayah perbatasan Timor Leste tahun 1975, saat meliput masuknya tentara Indonesia.Lima wartawan Australia, Selandia Baru dan Inggris adalah Greg Shackleton, Brian Peters, Malcolm Rennie, Gary Cunningham dan Toney Steward.

JAKARTA - Ketua Badan Pengurus Setara Institut Hendardi menegaskan seharusnya film Balibo Five menjadi sarana edukasi bagi masyarakat, bukan malah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close