Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sejak Awal Sudah Yakin Terpilih jadi Hakim Agung

Rabu, 25 September 2013 – 10:04 WIB
Sejak Awal Sudah Yakin Terpilih jadi Hakim Agung - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Langkah Zahrul Rabain SH. MH menuju kursi Hakim Agung di Mahkamah Agung Republik Indonesia mulus.

Dari empat nama yang dipilih 54 Anggota Komisi III DPR RI, Zahrul meraih suara tertinggi, yakni  sebanyak 39 suara. Kini, dia tinggal menunggu dilantik sebagai Hakim Agung RI bersama hakim Eddy Army, Sumardijatmo, dan Maruap Dohmatiga Pasaribu.

"Alhamdulilah, berkat doa dari masyarakat Riau barangkali, saya berhasil terpilih sebagai Hakim Agung dengan suara terbanyak," kata Zahrul saat berbincang dengan JPNN, Selasa (24/9) malam.

Sebagai Putra Riau yang pernah memimpin Pengadilan Negeri Kota Pekanbaru, Hakim kelahiran Kuantan Singingi itu sudah punya firasat dan keyakinan bisa dipilih sebagai Hakim Agung. Hal itu lantaran dirinya merasa cukup senior dari 11 hakim lain yang lolos seleksi Komisi Yudisial (KY) dan diusulkan ke DPR.

"Saya sebenarnya sudah ada keyakinan, karena dari daftar nama-nama calon itu, baik dari pengalaman kerja, dan pengalaman pemimpin pengadilan, saya yang terbanyak. Di sisi pengalaman ini saya merasa ada kelebihan dan itu mungkin jadi pertimbangan anggota DPR," jelasnya.

Lalu apa yang akan dilakukannya untuk membawa Mahkamah Agung lebih baik lagi dalam menegakkan hukum dan memberi keadilan kepada masyarakat? Pertama, kata Zahrul, Hakim Agung harus meningkatkan kinerja dan profesionalitasnya. Apalagi saat ini banyak tunggakan perkara di MA.

Berdasarkan data yang dia peroleh, saat ini ada sekitar 16 ribu perkara perdata dan pidana ngantri menunggu diputuskan oleh Hakim Agung. Itu tunggakan saja, dan itu perlu hakim yang bisa bekerja ekstra keras. Karena berkas perkara sekali masuk ke MA bawanya pakai troli. Kalau tdiak sehat, tidak energik tidak punya kemampuan yang mumpuni, sulit menanggulagi," ujar Zahrul.

Karena itu sejak dalam proses seleksi calon Hakim Agung, Hakim yang terakhir menjabat Wakil Ketua PN Gorontalo itu menyatakan komitmennya menggunakan waktu semaksimal mungkin untuk menyelesaikan tumpukan perkara yang ada di MA.

JAKARTA - Langkah Zahrul Rabain SH. MH menuju kursi Hakim Agung di Mahkamah Agung Republik Indonesia mulus. Dari empat nama yang dipilih 54 Anggota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA