Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sekda Jateng: Butuh Peran Keluarga untuk Mewujudkan Generasi Emas 2045

Rabu, 12 Juni 2024 – 14:52 WIB
Sekda Jateng: Butuh Peran Keluarga untuk Mewujudkan Generasi Emas 2045 - JPNN.COM
Sekda Jateng Sumarno saat menghadiri peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tingkat Provinsi Jawa Tengah di kompleks Gedung Olahraga (GOR) Satria, Kabupaten Banyumas, Rabu (12/6). Foto: Humas Pemprov Jateng.

jpnn.com - BANYUMAS - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah Sumarno mengingatkan kembali pentingnya peran keluarga dalam mewujudkan generasi emas 2045

Menurut Sumarno, keluarga adalah sekolah pertama untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. 

"Kalau kita mau menuju Indonesia Emas tahun 2045, kuncinya adalah SDM," kata Sumarno saat menghadiri peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tingkat Provinsi Jawa Tengah di kompleks Gedung Olahraga (GOR) Satria, Kabupaten Banyumas, Rabu (12/6).

Menurut Sumarno, keluarga sebagai unit terkecil di masyarakat berperan penting membentuk karakter penduduk yang kuat dan sehat. 

Sebab, keluarga memiliki fungsi membangun agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi dan pembinaan lingkungan.

"Keluarga menjadi tempat di mana nilai-nilai kasih sayang dan agama diajarkan dan diimplementasikan. Keluarga juga memegang peran penting dalam membangun nilai-nilai toleransi dan saling menghormati antarsesama," kata Sumarno.

Salah satu komitmen Pemprov Jateng mewujudkan keluarga berkualitas ditunjukkan dengan diterbitkannya Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor 440/0002416 tertanggal 19 Maret 2024 terkait Percepatan Penurunan Stunting di Jawa Tengah.

Penekanan dalam SE tersebut adalah aspek pencegahan melalui edukasi dan intervensi spesifik bagi remaja putri, calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui dan anak di bawah 2 tahun (anak baduta).

Sekda Jawa Tengah Sumarno mengatakan bahwa butuh peran keluarga untuk mewujudkan Generasi Emas 2045.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close