Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sekjen MPR: Pancasila Harus Diaktualisasikan

Selasa, 07 November 2017 – 13:31 WIB
Sekjen MPR: Pancasila Harus Diaktualisasikan - JPNN.COM
Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono. Foto: MPR

jpnn.com, PURWOKERTO - Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono mengatakan, Indonesia memerlukan internalisasi dan konseptualisasi Pancasila.

Menurut dia, hal itu penting karena tantangan zaman sekarang makin kompleks.

Tantangan itu, antara lain, derasnya arus globalisasi yang mengggerus nilai-nilai luhur Pancasila seperti toleransi, gotong royong, dan musyawarah.

Ma’ruf menyampaikannya di hadapan para peneliti Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dalam acara focus group discussion (FGD) bertema Penguatan Sistem Demokrasi Pancasila di Ballroom Java Herritage Hotel, Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa (7/11).

Acara itu terselenggara berkat kerja sama MPR RI dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan LPPM Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

“Melihat begitu pentingnya peran Pancasila dalam kehidupan bangsa, MPR melakukan kajian akademik dengan berbagai perguruan tinggi seperti Universitas Jenderal Soedirman. Hal ini  sesuai dengan Keputusan MPR  No. 4 Tahun 2014  untuk melakukan kajian ketatanegaraan. Salah satu rekomendasinya diperlukan kajian menyeleluruh tentang internalisasi dan konseptualisasi Pancasila,” ujarnya.

Hasil penelitian, lanjut Ma’ruf, berfungsi sebagai daya tahan nasional, daya saing, dan media untuk mencerdaskan masyarakat lewat gagasan alternatif yang ditawarkan.

"Saya harap, hasil penelitian tidak hanya bagus dalam penulisan laporan tetapi juga mampu masuk dalam ruang bangsa dan kebijakan,” tandasnya.

Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono mengatakan, Indonesia memerlukan internalisasi dan konseptualisasi Pancasila.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   MPR 
BERITA LAINNYA