Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sekjen Pemuda Pancasila Nilai Kepala BPIP Tidak Paham Sejarah

Jumat, 14 Februari 2020 – 20:24 WIB
Sekjen Pemuda Pancasila Nilai Kepala BPIP Tidak Paham Sejarah - JPNN.COM
Kepala BPIP Profesor Yudian Wahyudi saat dilantik Presiden Joko Widodo. Foto : Instagram Cerita Pancasila

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Majelis Pimpinan Pemuda Pancasila Arif Rahman buka suara soal pernyataan kontroversial dari Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wayhudi. Menurut dia, Kepala BPIP itu telah kufur terhadap sejarah.

“Menurut saya, Pancasila direkatkan dan lahir atas literatur agama-agama yang ada di Indonesia,” ujar Arif kepada wartawan, Jumat (14/2).

Selain itu, Arif juga meminta agar Yudian segera menyampaikan klarifikasi atas pernyataan yang menuai banyak kecaman itu. “Pertama perlu klarifikasi dari beliau agar tidak terus menjadi polemik dan kegaduhan,” tambah Arif.

Arif menuturkan, fakta sejarah yang disampaikan Presiden ke-1 Indonesia Ir Soekarno jelas menyatakan bahwa beliau menggali agama-agama, budaya dan kultur bangsa ini dalam merumuskan Pancasila

"Sila pertama Pancasila kita adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, mana mungkin jadi musuh jika sila pertama saja sudah mengakui ke-Esa-an Tuhan,” tegas Arif.

Arif menambahkan, apabila yang dimaksud Kepala BPIP adalah kelompok-kelompok yang ingin mengganti ideologi Pancasila yang dikelompokkan dalam kelompok umat beragama, maka sangat tidak relevan jika menghadap-hadapkan Pancasila dengan agama.

"Sangat disayangkan memang pernyataan beliau, bahkan menurut saya beliau gagal paham dan kufur sejarah, untuk itu perlu dengan segera beliau secara jantan mengklarifikasi pernyataannya sebagai seorang pejabat negara yang memiliki tugas membumikan Pancasila,” tandas Arif. (cuy/jpnn)

Sekretaris Jenderal Majelis Pimpinan Pemuda Pancasila Arif Rahman buka suara soal pernyataan kontroversial dari Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wayhudi.

Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close