Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BSKDN Optimistis Program SKALA Dapat Tingkatkan Riset & Pemanfaatan Inovasi di Daerah

Kamis, 08 Agustus 2024 – 20:55 WIB
BSKDN Optimistis Program SKALA Dapat Tingkatkan Riset & Pemanfaatan Inovasi di Daerah - JPNN.COM
Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyungo saat Rapat Pembahasan Program SKALA bersama DFAT Australia di Command Center BSKDN Kemendagri, Kamis (8/8). Foto: Humas BSKDN

jpnn.com - JAKARTA - Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) optimistis dapat meningkatkan pelaksanaan riset dan pemanfaatan inovasi di daerah melalui penerapan program Sinergi dan Kolaborasi untuk Akselerasi Layanan Dasar (SKALA).

Program tersebut berfokus pada penguatan elemen strategis pada sistem pemerintahan daerah di Indonesia, seperti Manajemen Keuangan Publik (PFM). Standar Pelayanan Minimal (SPM), perencanaan dan penganggaran, dan kepemimpinan lokal serta memperkuat perspektif dan pengarusutamaan kesetaraan gender, disabilitas dan inklusi sosial.

"SKALA juga merupakan program yang mendorong agar kebijakan dan perencanaan pembangunan berbasis bukti. Ini sejalan dengan tugas dan fungsi BSKDN menyusun rekomendasi kebijakan kepada pimpinan sesuai fakta," kata Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyungo dalam Rapat Pembahasan Program SKALA bersama Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT) Australia di Command Center BSKDN Kemendagri pada Kamis (8/8).

Yusharto mengatakan, melalui program SKALA pelaksanaan riset di daerah akan semakin terarah dan berdampak nyata.

Adapun hasil risetnya nanti dapat dimanfaatkan secara optimal oleh pemerintah daerah (pemda) untuk meningkatkan ekosistem inovasi di wilayah masing-masing.

"Peningkatan kapasitas aparatur BSKDN maupun Pemda yang melaksanakan fungsi pelaksanaan riset menjadi harapan kami kedepan, semoga dapat terwujud melalui kerja sama ini," jelasnya.

Sementara itu, perwakilan dari DFAT Australia Astrid Kartika mengatakan, program SKALA yang akan dikolaborasikan bersama BSKDN dalam waktu dekat ini berbentuk short course yang direncanakan akan digelar di Provinsi Gorontalo.

Pada pelatihan tersebut, BSKDN diminta memberikan pengarahan terkait urgensi pelaksanaan inovasi kepada peserta pelatihan yang merupakan perwakilan dari sejumlah daerah.

BSKDN Kemendagri optimistis dapat meningkatkan pelaksanaan riset dan pemanfaatan inovasi di daerah melalui penerapan program SKALA.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA