Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Seks Bebas di Kalangan Remaja Picu Keinginan Bunuh Diri

Senin, 03 Februari 2014 – 13:01 WIB
Seks Bebas di Kalangan Remaja Picu Keinginan Bunuh Diri - JPNN.COM

jpnn.com - SEKS bebas kian marak dan dianggap lazim meski sudah jelas menyalahi norma. Padahal, ada ancaman di balik seks bebas itu. Misalnya penularan penyakit seksual.

Namun, bahaya seks bebas bukan dari segi kesehatan saja. Sebab, perilaku itu juga dapat menyebabkan depresi dan bahkan memunculkan pikiran untuk bunuh diri.

Begitulah yang terungkap dari penelitian di Ohio State University terhadap 10 remaja di Amerika Serikat. Para peneliti menemukan bahwa remaja yang mengalami depresi, lebih mungkin terlibat dalam seks bebas. Tak hanya itu, partisipan yang diwawancarai untuk penelitian tersebut juga secara serius mempertimbangkan untuk bunuh diri.

"Beberapa studi telah menemukan hubungan antara kesehatan mental yang buruk dan seks bebas. Studi ini memberi bukti bahwa kesehatan mental yang buruk bisa menyebabkan seks bebas. Tapi juga sebaliknya, seks bisa menyebabkan penurunan bagi kesehatan mental," kata penulis utama studi, Dr. Sara Sandberg-Thoma, seperti dilansir laman Daily Mail, Minggu (2/2).

Partisipan dalam penelitian itu berasal dari 80 sekolah di Amerika. Peneliti mewawancarai mereka ketika duduk di kelas 1 SMP sampai 3 SMA. Kemudian, partisipan diwawancarai lagi ketika berusia 18-26 tahun.

Mereka ditanya tentang hubungan seks bebas, depresi, dan pikiran untuk bunuh diri. Dari situ diketahui bahwa 29 persen partisipan mengaku pernah melakukan seks bebas dengan persentase pria 33 persen dan wanita 24 persen.

Menurut Sara, setidaknya studi ini bisa mengidentifikasi remaja-remaja dengan kesehatan mental yang buruk untuk kemudian bisa dilakukan intervensi agar mereka tidak melakukan seks bebas. Dengan demikian, kondisi kesehatan mental mereka tidak memburuk.

Selain itu, yang paling penting adalah mencegah para remaja untuk tidak melakukan seks bebas yang jelas-jelas bisa memperburuk kondisi kesehatan mental mereka, yakni depresi dan memicu keinginan bunuh diri.

SEKS bebas kian marak dan dianggap lazim meski sudah jelas menyalahi norma. Padahal, ada ancaman di balik seks bebas itu. Misalnya penularan penyakit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA