Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sektor Pertambangan Australia Diperkirakan Belum Akan Membaik di Tahun 2016

Senin, 11 Januari 2016 – 10:09 WIB
Sektor Pertambangan Australia Diperkirakan Belum Akan Membaik di Tahun 2016 - JPNN.COM

Sektor pertambangan di Australia mungkin tidak akan mengalami perbaikan yang signifikan di tahun 2016. Di tahun 2015, sektor ini pun melemah saat banyak kehilangan lapangan pekerjaan.

Beberapa perusahaan di sektor sumber energi, seperti pertambangan seolah telah dipaksa untuk meninggalkan proyek mereka di Australia Selatan, pada tahun 2015 lalu.

Keadaan ini dipicu dengan anjloknya harga komoditas dan adanya perubahaan penggunaan bahan bakar dari fosil

Warga yang tinggal di kawasan Mid North, Australia Selatan sangat merasakan kondisi saat sektor pertambangan merosot.

Misalnya saja, Tambang batubara milik Alinta Energy di kawasan Leigh Creek tutup pada bulan November lalu, setelah mengumumkan akan menutup pembangkit listrik di Port Augusta pada bulan Maret 2016 nanti.

Profesor Peter Dowd dari Institut Mineral dan Sumber Daya Energi di Adelaide University mengatakan pertambangan di abad ini telah berjalan selama lima-tujuh tahun siklus.

"Dalam 15 tahun terakhir atau lebih, sangat lyar biasa, kita bisa melebihi siklus tersebut," katanya. "Yang terjadi saat ini adalah meningkatnya harga dan output, dan suatu saat akan berhenti, atau setidaknya melambat."

Meskipun demikian, ia mengatakan sektor pertambangan akan terus memiliki peranan besar bagi industri di Australia.

Sementara itu Jason Kuchel dari Kamar Dagangi Pertambangan dan Energi di Australia Selatan mengatakan perusahaan-perusahaan di masa lalu lebih memfokuskan diri pada efisiensi.

"Sebagian besar perusahaan ada atau hampir ada yang siap untuk mengambil keuntungan dari perubahan harga komoditas," ujar Kuchel. 

Pemerintah Australia Selatan tahun lalu mengumumkan rencana untuk menambah produksi tembaga hingga tiga kali lipat setiap tahunnya, tetapi masih tidak menjelaskan bagaiman mencapai tujuan nasional tersebut. 

Sektor pertambangan di Australia mungkin tidak akan mengalami perbaikan yang signifikan di tahun 2016. Di tahun 2015, sektor ini pun melemah saat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA