Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sektor Pertanian dan Usaha Mikro Perlu Dukungan Kebijakan dan Anggaran

Kamis, 23 Maret 2023 – 11:18 WIB
Sektor Pertanian dan Usaha Mikro Perlu Dukungan Kebijakan dan Anggaran - JPNN.COM
Sekretaris Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia (Wantimpres RI) Jan Prince Permata menjadi pembicara seminar bertema “Transformasi Digital Peluang dan Tantangan untuk Pembangunan Ekonomi di Era Disrupsi” yang digelar Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPC GMNI) Surabaya di Balai Pemuda, Surabaya, Sabtu (18/3/2023). Foto: Dok. GMNI Cabang Surabaya

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia (Wantimpres RI) Jan Prince Permata menjadi pembicara dalam seminar bertema “Transformasi Digital Peluang dan Tantangan untuk Pembangunan Ekonomi di Era Disrupsi” yang digelar Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPC GMNI) Surabaya di Balai Pemuda, Surabaya, Sabtu (18/3/2023).

Jan menjelaskan sektor pertanian, termasuk di dalamnya kehutanan dan perikanan perlu mendapat dukungan lebih besar dalam kebijakan dan anggaran pembangunan.

Sektor Pertanian dan Usaha Mikro Perlu Dukungan Kebijakan dan Anggaran

Sekretaris Anggota Wantimpres RI Jan Prince Permata (tengah) saat acara pembukaan seminar bertema “Transformasi Digital Peluang dan Tantangan untuk Pembangunan Ekonomi di Era Disrupsi” yang digelar Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPC GMNI) Surabaya di Balai Pemuda, Surabaya, Sabtu (18/3/2023). Foto: Dok. GMNI Cabang Surabaya

Selain menyerap tenaga kerja terbesar, penguatan sektor ini juga mempercepat pengurangan penduduk miskin.

“Sekitar 29 persen rakyat kita bekerja di sektor pertanian, namun sekitar 50 persen orang miskin di Indonesia ada di sektor ini. Oleh karena itu, pertanian perlu didukung lebih besar,” kata Jan.

Selain sektor pertanian, Jan juga menyarankan agar dukungan lebih besar perlu dilakukan terhadap usaha mikro di Tanah Air.

“Sebanyak 98,68 persen pelaku usaha di Indonesia adalah usaha mikro dengan menyerap 89 persen tenaga kerja serta menyumbang 37,8 persen terhadap pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Jan menjelaskan sektor pertanian, termasuk di dalamnya kehutanan dan perikanan perlu mendapat dukungan lebih besar dalam kebijakan dan anggaran pembangunan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close