Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Selain Estetis, Hal Ini Perlu Diperhatikan dalam Memilih Atap Rumah

Selasa, 06 Agustus 2024 – 21:46 WIB
Selain Estetis, Hal Ini Perlu Diperhatikan dalam Memilih Atap Rumah - JPNN.COM
Selain estetis, beberapa hal ini perlu diperhatikan dalam memilih atap rumah. Foto: Rooftuff

jpnn.com, JAKARTA - Rumah yang estetis secara keseluruhan tidak bisa dilepaskan dari cat, semen, desain, maupun atap. Semuanya harus harmonis, baik secara tampilan maupun fungsi.

Atap selain berfungsi sebagai penahan air hujan masuk ke dalam rumah, juga harus mampu melindungi penghuninya dari terik matahari, tampias air hujan, dan menghambat pergerakan angin yang biasanya membawa debu.

Di masa lalu, genteng bisa menjadi pilihan, namun ternyata bisa rusak dan lepas. Demikian juga saat memilih aluminium maka saat paparan kondisi cuaca ekstrem dapat menyebabkan korosi hingga bisa bocor, melengkung, atau terlepas, memungkinkan air meresap hingga ke dalam rumah.

Kini, muncul tren baru memilih atap rumah berbahan dasar Unplasticized Polyvinyl Chloride (uPVC). Berbeda dari atap konvensional, atap uPVC menawarkan daya tahan yang lebih baik terhadap korosi yang disebabkan oleh hujan.

Banyak ahli konstruksi merekomendasikan atap uPVC untuk digunakan di negara-negara beriklim tropis yang mengalami suhu panas dan curah hujan yang tinggi.

Manajer Produksi PT Sumber Bangun Kuat produsen Rooftuff Miming Sastana mengatakan, atap dengan bahan dasar uPVC tahan rambat api, memiliki durabilitas yang panjang hingga 15 tahun, kedap air.

"Mampu mengurangi panas dan kebisingan, sehingga meningkatkan kenyamanan di dalam rumah, tahan karat, dan harganya terjangkau," kata Miming Sastana, dalam keterangannya, Selasa (6/8).

Keunggulan lain dari material uPVC yang seiring dengan inisiatif Go-Green. Karena diproduksi dengan proses yang lebih hemat energi, uPVC dapat didaur ulang menjadi bentuk lain.

Selain estetis, beberapa hal ini perlu diperhatikan dalam memilih atap rumah. Simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA