Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Selamat Tinggal Wuhan, Saatnya Pahlawan Medis Tiongkok Pulang ke Kampung Halaman

Rabu, 18 Maret 2020 – 23:27 WIB
Selamat Tinggal Wuhan, Saatnya Pahlawan Medis Tiongkok Pulang ke Kampung Halaman - JPNN.COM
Para petugas medis asal Provinsi Guizhou melambaikan salam perpisahan di Stasiun Kereta Wuhan di Provinsi Hubei, Tiongkok, pada 17 Maret 2020. Foto: Xinhua/Xiao Yijiu

jpnn.com, WUHAN - Gelombang pertama tim bantuan medis mulai meninggalkan Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongok, pada Selasa (17/3) pagi waktu setempat. Pemulangan dilakukan seiring mulai terkendalinya penyebaran wabah virus corona di provinsi yang terdampak parah itu.

Sebanyak 3.675 petugas medis yang tergabung dalam 41 tim medis dari seluruh Tiongkok telah membantu 14 rumah sakit sementara dan tujuh rumah sakit rujukan di Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei yang menjadi episentrum wabah tersebut.

Lebih dari 42.000 pekerja medis dari seluruh China dikirim untuk membantu Hubei memerangi epidemi sejak virus itu merebak akhir tahun lalu. Kini NHC melihat adanya tren positif dalam mempersempit epidemi dan penyebaran wabah tersebut sudah mulai terkendali.

Meskipun demikian NHC menganggap bahwa kasus kiriman dari negara lain masih menjadikan penuntasan epidemi di Tiongkok belum pasti, sehingga diperlukan adanya pengawasan ketat terhadap individu, masyarakat lokal, dan wisatawan yang dilaporkan terpapar virus mematikan tersebut.

Pemerintah Tiongkok merancang pemberian subsidi kepada petugas medis di garis depan, masyarakat yang membatu pengendalian wabah, polisi dan tenaga sukarelawan, selain juga pekerja bangunan renovasi gedung dan fasilitas kesehatan lainnya.

Pemerintah setempat menjamin hak-hak pekerja yang diisolasi, termasuk gaji, terpenuhi. Para pengusaha didorong melakukan penyesuaian pembayaran gaji, mempersingkat jam kerja, dan waktu giliran. (ant/dil/jpnn)

Gelombang pertama tim bantuan medis mulai meninggalkan Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongok, pada Selasa (17/3) pagi waktu setempat

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close