Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Seleksi CPNS 2024 dan PPPK Melalui Jalur Tes, Naskah Soal Dibuat 38 PT

Sabtu, 08 Juni 2024 – 15:12 WIB
Seleksi CPNS 2024 dan PPPK Melalui Jalur Tes, Naskah Soal Dibuat 38 PT - JPNN.COM
Jelang seleksi PPPK 2024 dan CPNS 2024. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Seleksi CPNS 2024 dan PPPK melalui jalur tes. Para calon pelamar termasuk honorer dan tenaga non-aparatur sipil negara (non-ASN) yang ingin menjadi ASN PPPK maupun PNS diharapkan menyiapkan diri.

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) pengadaan ASN 2024 telah menerima naskah soal seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan naskah soal seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

"Naskah soal dibuat oleh 38 perguruan tinggi se-Indonesia," kata Menteri Anas, Sabtu (8/6).

Naskah ini sudah diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Suharti kepada Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB Abdul Hakim pada Selasa (4/6). 

Soal-soal ini terdiri atas Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS. Sementara, untuk PPPK, naskah soal itu meliputi Seleksi Kompetensi Manajerial, Kompetensi Sosial Kultural, dan Wawancara, serta Seleksi Kompetensi Teknis.

“Panselnas dan tim penyusun naskah soal telah berkomitmen agar transformasi ASN bisa diwujudkan sejak tahap awal seleksi,” ungkap Menteri Anas.

Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB Abdul Hakim menegaskan, soal-soal ini disusun secara objektif dan profesional. Naskah soal diserahkan dalam bentuk dokumen digital terenkripsi untuk mencegah kebocoran data.“Kami menjamin objektivitas, akuntabilitas, dan kerahasiaan soal-soal ini,” tegas Hakim.

Soal-soal ini diharapkan mampu menyaring calon peserta seleksi CPNS dan PPPK 2024, sehingga menghasilkan ASN yang memiliki karakteristik selaku pelayan publik.

Seleksi CPNS 2024 dan PPPK melalui jalur tes, naskah soal dibuat 38 perguruan tinggi (PT) yang terakreditasi unggul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close