Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Semakin Sadar Wisata, Belitung Genjot Jumlah Homestay

Rabu, 22 Februari 2017 – 15:15 WIB
Semakin Sadar Wisata, Belitung Genjot Jumlah Homestay - JPNN.COM
Ucapan selamat datang bagi pengunjung Belitung di Provinsi Kepulauan Belitung. Foto: Radar Bangka

jpnn.com - jpnn.com - Kementerian Pariwisata terus mewujudkan komitmen untuk membina masyarakat agar sadar wisata. Bukan hanya menggarap infrastruktur fisik, tetapi juga menyentuh soft skill masyarakat, keramahtamahan, kultur menerima tamu, kebersihan, kerapian, hingga kesehatan lingkungan.

“Kini giliran masyarakat Belitung, yang kami ajari hospitality,” kata Asdep Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Kemenpar Oneng Setya Harini.

Kementerian yang dipimpin Arief Yahya itu pun mengumpulkan masyarakat Belitung dan menggelar sosialisasi bertajuk “Pentingnya Homestay dan Sadar Wisata” di Destinasi Pariwisata. Acara itu digelar di Hotel Bahamas, Belitung selama empat hari sejak Selasa (21/2).

Kemenpar mengumpulkan para pegiat wisata, pemilik homestay, kepala desa dan BPD untuk mengikuti kegiatan itu. Tema yang dibahas pun bervariasi.

Oneng menjelaskan, Kemenpar terus menggerakkan masyarakat di daerah yang termasuk 10 Top Destinasi untuk memiliki homestay dan memiliki kemampuan hospitality. Hal itu penting dilakukan agar masyarakat juga mendapatkan manfaat secara ekonomi dari pengembangan destinasi.

“Home stay itu harus dikelola dengan baik, oleh ibu-ibu di kampung-kampung yang berdekatan dengan destinasi wisata. Homestay sendiri bisa menjadi destinasi bagi wisatawan,” kata Oneng.

Lebih lanjut Oneng mengatakan, pengembangan homestay yang digulirkan Menpar Arief Yahya demi memenuhi amenitas dan akomodasi yang mampu menampung target 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019. Sebab, hotel dan resort yang ada tak akan mampu menampung 20 juta wisman.

“Maka homestay dikembangkan oleh Pak Menpar Arief Yahya, selain untuk memenuhi capacity, juga sebagai sharing economy,” sebut Oneng.

Kementerian Pariwisata terus mewujudkan komitmen untuk membina masyarakat agar sadar wisata. Bukan hanya menggarap infrastruktur fisik, tetapi juga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close