Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Semeru Erupsi, Ketua DPD Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Minggu, 17 Januari 2021 – 22:36 WIB
Semeru Erupsi, Ketua DPD Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan - JPNN.COM
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto: Humas DPD.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan bila sewaktu-waktu Gunung Semeru bergejolak lagi.

Senator Dapil Jawa Timur itu meminta meminta kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk secara cepat memberikan informasi kebencanaan kepada masyarakat sekitar.

"BNPB harus cepat tanggap terhadap informasi kebencanaan atau early warning system yang harus diterima masyakat untuk meminimalisasi dampak erupsi," kata LaNyalla dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (17/1).

Seperti diketahui, Gunung Semeru memuntahkan lava pijar ke arah Curah Kobokan, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (16/1) sore.

Muntahan lava pijar ini menimbulkan awan panas guguran yang menyelimuti gunung api tertinggi di Pulau Jawa ini.

Dalam keterangan resminya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menjelaskan awan panas guguran terjadi pada pukul 17.24 WIB sampai 18.35 WIB dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 4.287 detik.

Jarak luncur sekitar 4 kilometer ke arah Besuk Kobokan. Saat ini, Gunung Semeru berada di level II atau waspada.

LaNyalla meminta kepada BNPB, Tagana, pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya agar selalu siaga kalau sewaktu-waktu bencana tiba. Salah satunya adalah menyiapkan posko pengungsian kalau masyarakat terpaksa harus dievakuasi.

LaNyalla mengimbau masyarakat mematuhi imbauan pemerintah, dalam hal ini BNPB, PVMBG, BMKG dan pihak terkait lainnya, terkait radius aman yang boleh dimasuki.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close