Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Semoga Tidak Ada Ketegangan Antara NU dan Muhammadiyah soal Full Day School

Minggu, 02 Juli 2017 – 21:53 WIB
Semoga Tidak Ada Ketegangan Antara NU dan Muhammadiyah soal Full Day School - JPNN.COM
Majelis Ulama Indonesia (MUI). Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Sa'adi mengimbau pemerintah agar menciptakan kesejukan dalam menghadapi tahun ajaran baru.

Apalagi, di kalangan masyarakat kecurigaan di antara dua unsur kekuatan umat Islam Indonesia, yaitu Muhammadiyah dan NU sangat terasa terkait wacana lima hari sekolah yang kondang full day school.

"Kalau mau jujur, saling curiga antara NU dan Muhammadiyah sangat terasa terutama di kalangan bawah," kata Zainut saat dihubungi, Minggu (2/7).

Di kalangan elite, lanjutnya, mungkin bisa memahami kebijakan lima hari sekolah. Selain itu, kalangan elite juga tidak begitu merasakan sikap salin curiga di masyarakat bawah soal full day school.

Namun, kalangan bawah saling mencurigai bahwa ada maksud terselubung di balik kebijakan tersebut. Sebab, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dikenal sebagai tokoh Muhammadiyah.

"Yang dari NU curiga ini ada rekayasa dari Muhammadiyah karena tidak protes dengan lima hari sekolah. Demikian sebaliknya dari Muhammadiyah curiga ada maksud tertentu NU karena getol menolak program Mendikbud," tuturnya.

Untuk menghilangkan rasa curiga, lanjutnya, pemerintah memang harus menyatukan ormas serta pihak-pihak terkait. Dengan demikian kebijakan yang digulirkan bisa mengaver seluruh kepentingan masyarakat.(esy/jpnn)

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Sa'adi mengimbau pemerintah agar menciptakan kesejukan dalam menghadapi tahun ajaran

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close