Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Semua Pihak Harus Aktif Dalam Menangkal Penyebaran Paham Radikalisme di Medsos

Senin, 18 Juli 2022 – 20:07 WIB
Semua Pihak Harus Aktif Dalam Menangkal Penyebaran Paham Radikalisme di Medsos - JPNN.COM
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Nusa Tenggara Barat (Kesbangpol NTB) Lalu Abdul Wahid. Foto source for jpnn.com

jpnn.com, NUSA TENGGARA BARAT - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Nusa Tenggara Barat (Kesbangpol NTB) Lalu Abdul Wahid menjadi pembicara dalam webinar Literasi Digital 'Indonesia Makin Cakap Digital', yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, pada Senin (18/7).

Abdul Wahid menyatakan, maraknya perkembangan media sosial mestinya mampu menjadi alat yang bermanfaat untuk merekatkan persatuan dan kesatuan anak bangsa.

Bukan sebaliknya, menjadi ruang yang subur bagi penyebaran paham yang bertentangan dengan Pancasila dan NKRI.

Abdul Wahid juga meminta semua pihak, khususnya warganet, untuk turut aktif menangkal paham radikal di dunia maya agar media sosial menjadi tempat yang aman bagi semua pihak.

”Kita semua harus aktif menjadi agen yang menyebarkan kontra narasi radikalisme, menyebarkan hal-hal positif yang dapat mempererat keutuhan, persatuan, dan kesatuan Indonesia,” harapnya.

Menurut Abdul Wahid, masyarakat (warganet) dapat melakukan beberapa hal untuk memerangi kelompok radikal yang menyebarkan provokasi atau menyebarkan ideologi radikal lewat media sosial, baik itu melalui Facebook, WhatsApp, Instagram dan lain-lain.

”Setidaknya ada tiga hal yang dapat dilakukan masyarakat: melakukan kontra ideologi atau kontra narasi di media sosial, penguatan moderasi beragama, dan menjaga kearifan lokal,” sebutnya.

Abdul Wahid menambahkan, persoalan kontra radikalisme harus menjadi tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah maupun warga masyarakat.

Maraknya perkembangan media sosial mestinya mampu menjadi alat yang bermanfaat untuk merekatkan persatuan dan kesatuan anak bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close