Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Senator AS: Serangan ke Suriah Bisa Jadi Bencana

Selasa, 03 September 2013 – 11:30 WIB
Senator AS: Serangan ke Suriah Bisa Jadi Bencana - JPNN.COM

jpnn.com - WASHINGTON - Senator dari kubu Partai Republik dalam kebijakan luar negeri AS memperingatkan Presiden Barack Obama bahwa pemungutan suara oleh Kongres menentang usulan pengerahan kekuatan militer di Suriah. Mereka meyakini intervensi militer justru akan menjadi bencana dan berpotensi risiko perang regional.

"Jika Kongres telah menolak resolusi seperti ini setelah Presiden Amerika Serikat telah berkomitmen untuk bertindak, akibatnya akan menjadi bencana," kata Senator John McCain setelah pertemuan dengan presiden di Gedung Putih seperti dilansir dailystar, Selasa (3/9).

McCain mengatakan pihaknya dan Senator Republik Lindsey Graham yang juga turut dalam pertemuan dengan Obama menyatakan perlu perubahan dalam resolusi untuk membuatnya lebih dari sekadar respon terhadap penggunaan senjata kimia oleh pemerintah Assad .

"Kami ingin dari waktu ke waktu menurunkan kemampuan Bashar Assad, serta meningkatkan bantuan agar kemampuan Tentara Pembebasan Suriah dan pemerintah Suriah sehingga mereka dapat meningkatkan momentum di medan perang,"lanjutnya.

Keduanya berpendapat Obama harus menggulingkan Assad dari kekuasaan dan berusaha untuk mengubah arah perang saudara yang telah menewaskan lebih dari 110 ribu. Namun, sebagian anggota Kongres memiliki pandangan yang berlawanan, dan mempertanyakan apakah militer harus dilibatkan.

Meskipun demikian, Gedung Putih Senin mengatakan pihaknya siap untuk mengkomunikasikan kembali opsi militer guna mengatasi resistensi dari beberapa anggota parlemen.

Pihak intelijen AS sendiri menyatakan memiliki bukti bahwa rezim Assad berada di belakang serangan yang menewaskan sedikitnya 1.429 orang, termasuk lebih dari 400 anak-anak dalam serangan kimia di Damaskus .

Namun, Presiden Suriah Bashar Al-assad mengatakan kepada surat kabar Prancis Le Figaro bahwa Suriah telah menantang AS dan Perancis memberikan bukti untuk mendukung tuduhan mereka bahwa Damaskus telah menggunakan senjata kimia.

WASHINGTON - Senator dari kubu Partai Republik dalam kebijakan luar negeri AS memperingatkan Presiden Barack Obama bahwa pemungutan suara oleh Kongres

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA