Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sentil China soal Rivalitas di Kawasan, Menlu Retno: Indonesia Sangat Khawatir

Kamis, 04 Agustus 2022 – 17:44 WIB
Sentil China soal Rivalitas di Kawasan, Menlu Retno: Indonesia Sangat Khawatir - JPNN.COM
ASEAN-China Ministerial Meeting yang diselenggarakan di Phnom Penh, Kamboja, Kamis (4/8/2022). Foto: ANTARA/HO-Twitter Menlu RI

jpnn.com, JAKARTA - Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan China harus bekerja lebih keras agar dapat berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan, kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Kamis.

Dia mengatakan hal itu dalam pertemuan tingkat menteri ASEAN-China yang diselenggarakan di Phnom Penh, Kamboja, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya.

"Kemitraan ASEAN-China harus dapat berkontribusi untuk menangani tantangan dunia saat ini dengan tujuan utama tetap sama, yaitu berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran untuk kawasan dan untuk rakyat kita," kata Retno.

Dia juga mengatakan bahwa Indonesia sangat khawatir dengan kian meningkatnya rivalitas di antara kekuatan-kekuatan besar.

“Jika rivalitas ini tidak dikelola dengan baik, maka akan dapat berujung pada konflik terbuka yang sudah dapat dipastikan mengganggu perdamaian dan stabilitas, termasuk di Taiwan Strait,” ujar dia.

Terkait hubungan China dan Taiwan yang makin memanas karena kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi ke pulau itu, Indonesia menegaskan penghormatannya pada Kebijakan Satu China (One China Policy) yang menganggap Taiwan sebagai bagian dari China.

Prinsip yang sama juga dianut oleh negara-negara anggota ASEAN lainnya.

Menlu Retno mendorong agar semua pihak menahan diri dan tidak melakukan tindakan provokatif yang dapat memperburuk situasi.

Menlu Indonesia Retno Marsudi juga menegaskan pentingnya penghormatan terhadap hukum internasional dalam hubungan ASEAN-China

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close