Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sepakat Perkuat Kerja Sama Ketenagakerjaan, Indonesia dan Swiss Teken Amendemen MoU

Jumat, 16 Juni 2023 – 17:43 WIB
Sepakat Perkuat Kerja Sama Ketenagakerjaan, Indonesia dan Swiss Teken Amendemen MoU - JPNN.COM
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi, dan Head of the Labour Directorate State Secretariat for Economic Affairs (SECO) Swiss, Boris Zurcher menandatangani amendemen nota kesepahaman atau MoU on labour and employment issues di Jenewa. Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JENEWA - Pemerintah Indonesia dan Swiss sepakat memperkuat kerja sama dalam bidang ketenagakerjaan.

Kesepakatan ini tertuang melalui amendemen nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU on labour and employment issues).

Amendemen MoU ini mencakup kerja sama tripartit dan potensi kolaborasi antara kedua negara, yang meliputi daftar kegiatan konkrit dan target hasil kerja, sebagai agenda kerja yang tertuang dalam peta jalan (roadmap) kerja sama 2023-2024.

Pembaruan MoU ini ditandatangani Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi, dan Head of the Labour Directorate State Secretariat for Economic Affairs (SECO) Swiss, Boris Zurcher.

"Kami sepakat melakukan amendemen MoU ini agar kegiatan yang diusulkan dapat dilaksanakan oleh kedua negara, dalam menyikapi perubahan struktur dan dinamika global ketenagakerjaan," ungkap Sekjen Anwar Sanusi melalui siaran pers dari Biro Humas Kemnaker, Jumat (16/6).

Sekjen Anwar menjelaskan dalam roadmap ini, pihaknya ingin mendorong kerja sama tripartit tidak hanya antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Swiss, tetapi juga melibatkan pengusaha Indonesia dan pengusaha Swiss.

"Termasuk kelompok pekerja Indonesia dan kelompok kerja Swiss," sebut Sekjen Anwar setelah pertemuan kelompok kerja bersama (Joint Working Group/JWG) Indonesia-Swiss yang ke-3 di Jenewa.

Dalam kesempatan tersebut, Sekjen Anwar menjelaskan bahwa pemerintah Indonesia dan Swiss telah menetapkan tiga topik dan prioritas dalam amendemen MoU ini, yaitu terkait dialog sosial, produktivitas dan kerja layak, serta kerja sama pengembangan ekonomi.

Melalui penandatanganan amendemen MoU, Indonesia dan Swiss sepakat memperkuat kerja sama di bidang ketenagakerjaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close