Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sepi Hadirin, Diskusi Panel Media Berjalan Menarik

Selasa, 31 Maret 2009 – 20:12 WIB
Sepi Hadirin, Diskusi Panel Media Berjalan Menarik - JPNN.COM
Suasana diskusi panel Netralitas Media dalam Pemilu 2009, Selasa (31/3), di Jakarta, yang cukup hangat meski sepi hadirin. Foto: Arsito Hidayatullah/JPNN.
JAKARTA - Lima pimpinan media massa terkemuka nasional tampil sebagai panelis, ditambah pengamat komunikasi kondang sebagai moderator, terlihat kontras dengan jumlah audiens yang bahkan tak sampai separuh dari tempat yang disediakan. Itulah kesan awal yang terasa, begitu datang di acara diskusi panel bertajuk Netralitas Media dalam Pemilu 2009 tajaan PT HM Sampoerna Tbk, Selasa (31/3), di salah satu pusat perbelanjaan strategis di Jakarta.

"Ini sangat disayangkan. Ada berapa, mungkin sekitar 50-an tempat duduk yang disediakan panitia. Tapi lihat (wartawan) yang hadir. Tanpa bermaksud menafikan yang lain, paling-paling cuma reporter dari media yang Pemred-nya jadi panelis di sini saja yang datang," kritik anggota Dewan Pers, Abdullah Alamudin, saat diberi kesempatan berkomentar di bagian akhir sesi diskusi acara itu.

Acara yang terkait dengan program Anugerah Adiwarta Sampoerna 2009 itu sendiri, selain mendaulat Effendi Gazali sebagai pengarah diskusi, tepatnya menghadirkan lima pemimpin redaksi dari lima media massa penting nasional. Mereka masing-masing adalah Toriq Hadad dari Tempo, Rikard Bagun (Kompas), Rohman Budijanto (Jawa Pos), Elman Saragih (Metro TV), serta Ahmad Djauhar dari Bisnis Indonesia.

Sementara dari sisi hadirin yang berjumlah hanya sekitar 20-an orang itu, selain Abdullah Alamudin, beberapa undangan penting juga ikut berpartisipasi. "Ini menunjukkan, betapa untuk berdiskusi mengenai hal yang justru menyangkut dunianya sendiri, pers kita masih tidak atau kurang menaruh perhatian. Dan ini memang seringkali terjadi," ucap Abdullah melanjutkan kritikannya.

JAKARTA - Lima pimpinan media massa terkemuka nasional tampil sebagai panelis, ditambah pengamat komunikasi kondang sebagai moderator, terlihat kontras

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA