Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Seragam Jamaah Haji, Kemenag Seleksi Batik

Vaksinasi Meningitis setelah Idul Fitri

Rabu, 28 Juli 2010 – 07:32 WIB
Seragam Jamaah Haji, Kemenag Seleksi Batik - JPNN.COM
JAKARTA - Rencana penggunaan batik sebagai seragam resmi jamaah haji Indonesia pada 2010 terus dimatangkan. Batik yang dipilih bakal berwarna dasar cerah dan mudah terlihat. Hal itu dimaksudkan agar jamaah haji Indonesia bisa mudah dilihat atau dibedakan dari jamaah asal negara lain meski berada di kejauhan. "Jika dipakai warna terang, itu artinya bisa dilihat dari kejauhan," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal (Haji dan Umrah Kemenag Abdul Ghafur Djawahir kemarin (27/7).

Ghafur mengatakan, desain seragam haji akan dilombakan secara terbuka. Salah satu ketentuannya, batik haji Indonesia tidak boleh menampilkan gambar binatang, orang, atau makhluk hidup. "Selain itu, harus memenuhi asas keIndonesiaan dan bukan batik daerah tertentu," ujar alumnus Universitas Al Azhar, Kairo, tersebut. Dia menambahkan, komposisi warna batik haji harus cerah dan memudahkan jika ada jamaah yang tersesat.

Ditemui secara terpisah, Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan, menjelang keberangkatan calon jamaah haji, Kemenkes memutuskan untuk mengunakan vaksin meningitis merek Novartis dari Italia.  Hal itu terkait dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) bahwa vaksin meningitis Novartis dari Italia dan Tian Yuan dari Tiongkok tidak mengandung unsur (enzim) babi. Kedua vaksin itu diperkenankan untuk digunakan calon haji.

"Sampai saat ini yang sudah diregistrasi satu (vaksin dari Italia). Yang dari China masih agak jauh prosesnya. Kalau mengejar waktu, kita terpaksa pilih yang ini (Novartis)," tegas Endang.

JAKARTA - Rencana penggunaan batik sebagai seragam resmi jamaah haji Indonesia pada 2010 terus dimatangkan. Batik yang dipilih bakal berwarna dasar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA