Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Setahun Lebih Menanti, 754 Pelajar Surabaya Akhirnya Bisa Terima Ijazahnya

Minggu, 28 Juli 2024 – 16:37 WIB
Setahun Lebih Menanti, 754 Pelajar Surabaya Akhirnya Bisa Terima Ijazahnya - JPNN.COM
Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Surabaya kembali memberikan bantuan biaya penebusan ijazah untuk pelajar jenjang SMA/SMK/MA swasta di Kota Surabaya. Foto: Diskominfo Surabaya

jpnn.com, JAKARTA - Pemuda bernama Muhammad Zaid, 23, kini bisa bernapas lega. Pelajar dari SMK Antartika Surabaya ini bisa mendapatkan ijazah setelah empat tahun tertahan.

Usut punya usut, ijazah itu tertahan lantaran Zaid tak punya biaya untuk melunasi uang sekolah. 

Kini, lewat program tebus ijazah kolaborasi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Surabaya sebanyak 754 pelajar termasuk Zaid bisa mendapatkan ijazah.

"Senang pastinya karena saya lulus sejak 2020 lalu, baru bisa ambil ijazah sekarang. Rencananya ijazahnya mau dipakai melamar pekerjaan,” kata Zaid, Minggu (28/7).

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi program ini adalah kolaborasi bersama antara Pemkot Surabaya, Baznas Surabaya, Provinsi Jawa Timur dan juga Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) swasta di Kota Surabaya. Bahkan, data penerima tebus ijazah juga diajukan oleh pihak sekolah.

"Kami duduk bersama MKKS juga terkait data menerima tebus ijazah ini. Karena ini program bersama Pemkot, Pemerintah Provinsi dan juga Baznas, di mana semua biayanya berasal dari zakat ASN Kota Surabaya," kata Eri.

Eri juga berpesan kepada seluruh penerima tebus ijazah ntuk memiliki mental baja dan mau berjuang supaya kehidupannya lebih baik di masa depan.

"Setelah diberi ijazah harus bisa berjuang, jangan punya mental lemah tapi mental yang tangguh untuk membahagiakan orang tuanya. Saya juga titip kepada orang tua agar menjaga putra putrinya dari hal-hal negatif, kalau anaknya pulang malam segera di telepon," kata Eri

Pemkot Surabaya bersama Baznas gelontorkan dana Rp 2,6 miliar untuk tebus ijazah pelajar yang tak mampu bayar uang sekolah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA