Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Setelah Baduy, Kemendikbudristek Vaksinasi 1.000 Masyarakat Adat Banten Kidul

Sabtu, 30 Oktober 2021 – 23:01 WIB
Setelah Baduy, Kemendikbudristek Vaksinasi 1.000 Masyarakat Adat Banten Kidul - JPNN.COM
Sebanyak 1.000 masyarakat kesatuan adat Banten Kidul di Sukabumi mendapatkan vaksinasi. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kemendikbudristek kembali melakukan vaksinasi massal bagi masyarakat adat. Setelah Suku Baduy, kini giliran warga kesatuan adat Banten Kidul di Kabupaten Sukabumi, tepatnya Desa Sirnarasa, Kecamatan Cikakak yang divaksin, Sabtu (30/10).

"Hari ini sekitar 1.000 masyarakat mendapatkan vaksinasi," kata Direktur Kepercayaan Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat Kemendikbudristek Sjamsul Hadi, Sabtu (30/10).

Dia menjelaskan untuk vaksinasi ini Kemendikbudristek bekerja sama dengan Kemenko PMK, Kemenkes, dan Kementerian LHK yang tergabung dalam Tim Koordinasi layanan advokasi bagi penghayat kepercayaan terhadap Tuhan YME.

Kegiatan itu sebagai tindak lanjut program pemerintah dalam mencegah Covid-19. "Kami berharap masyarakat di Kasepuhan Adat Ciptarasa dan Ciptagelar memiliki kekebalan komunal," ucapnya.

Sjamsul mengatakan salah satu faktor keberhasilan pemerintah menekan laju pandemi pascagelombang kedua adalah mempercepat pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat.

Program vaksinasi kini juga diarahkan guna menjangkau kelompok masyarakat yang berada di wilayah dengan aksesibilitas terbatas seperti masyarakat adat.

Menurut Sjamsul, sebagai subjek yang mendapatkan jaminan konstitusi untuk menjalankan hak-hak tradisionalnya, keberadaan masyarakat adat penting dilindungi dari bahaya Covid-19.

"Salah satu langkah perlindungan bagi masyarakat adat dilaksanakan melalui pemberian vaksin, dengan tujuan agar mereka kembali mampu melakukan aktivitas pemajuan kebudayaan secara normal," terangnya.

Setelah Suku Baduy, sebanyak 1.000 masyarakat adat Banten Kidul di Sukabumi mendapatkan vaksinasi dari Kemendikbudristek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close