Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Setelah Dicekal, Istri Edhy Prabowo kini Diperiksa KPK

Selasa, 22 Desember 2020 – 12:07 WIB
Setelah Dicekal, Istri Edhy Prabowo kini Diperiksa KPK - JPNN.COM
Iis Rosita Dewi, istri Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo. Foto: tangkapan layar Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Istri Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Iis Rosita Dewi memenuhi undangan pemeriksaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (22/12). Anggota DPR RI Fraksi Gerindra itu diketahui sebelumnya sudah dicekal KPK.

Selain Iis, empat saksi dalam kasus suap terkait perizinan tambak, usaha atau pengelolaan perikanan alias ekspor benur juga diagendakan diperiksa KPK.

Empat orang saksi yakni Finance PT Peristhable Logistic Indonesia (PLI) Kasman, Advokat Djasman Malik, Plt Dirjen Perikanan Tangkap KKP Muhammad Zaini Hanafi. Mereka diperiksa untuk melengkapi berkas perkara Edhy Prabowo (EP).

"Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka EP," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Selasa (22/12).

Sementara itu, satu saksi lainnya, yakni Chief Security Hotel Grandhika Halim Chasani juga akan diperiksa sebagai saksi untuk Direktur PT Dua Putra Perkasa (DPP) Suharjito. Suhartijo merupakan tersangka penyuap Edhy Prabowo.

Enam orang telah ditetapkan tersangka dalam kasus ini, yaitu Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan sekaligus Wakil Ketua Pelaksana Tim Uji Tuntas (Due Diligence) Safri, Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Andreau Pribadi Misata, Amiril Mukminin dari unsur swasta.

Selanjutnya, pengurus PT Aero Citra Kargo Siswadi, staf istri Menteri Kelautan dan Perikanan Ainul Faqih, dan Direktur PT Dua Putra Perkasa (DPP) Suharjito.

KPK dalam perkara ini menetapkan Edhy sebagai tersangka karena diduga menerima suap dari perusahaan-perusahaan yang mendapat penetapan izin ekspor benih lobster menggunakan perusahaan "forwarder" dan ditampung dalam satu rekening hingga mencapai Rp 9,8 miliar.

Istri Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Iis Rosita Dewi diperiksa KPK terkait kasus dugaan korupsi yang dilakukan sang suami.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close