Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Sharon Pulang dalam Kondisi Setengah Hidup

Sabtu, 13 November 2010 – 09:32 WIB
Sharon Pulang dalam Kondisi Setengah Hidup - JPNN.COM
Sudah hampir lima tahun Ariel Sharon terbaring koma. Sejak terserang stroke pada 4 Januari 2006 lalu, mantan perdana menteri (PM) Israel itu belum sadar sampai sekarang. Kemarin (12/11), tokoh 82 tahun itu meninggalkan rumah sakit dan melanjutkan pemulihan pascastroke di kediamannya.

DIKAWAL
sedikitnya tiga mobil pribadi, ambulans berwarna kuning yang membawa Sharon meninggalkan Sheba Hospital kemarin pagi. Beberapa saat kemudian, iring-iringan kendaraan itu berhenti di kawasan selatan Israel. Tepatnya, di Havat Hashikmim alias Sycamore Farm, ranch milik pria bernama asli Ariel Scheinermann tersebut. Untuk kali pertama sejak awal 2006 lalu, Sharon kembali ke pelukan hangat keluarga besarnya.

"Beliau pulang untuk menjalani tahap uji coba perawatan lanjutan di rumah," kata Shlomo Noy, pimpinan unit rehabilitasi medik Sheba Hospital, seperti dikutip Agence France-Presse. Dalam tahap uji coba tersebut, Sharon dijadwalkan berada di rumah selama tiga hari. Menurut Noy, pasiennya itu akan kembali ke rumah sakit yang terletak di pinggiran Kota Tel Aviv itu pada Minggu besok (14/11). Selanjutnya, metode itu akan diulangi lagi secara periodik.

Noy menjelaskan, bagi pasien kronis seperti Sharon, perawatan lanjutan di rumah sangat dianjurkan. Dengan demikian, Sharon yang sudah berada pada kondisi vegetatif bisa dirawat oleh keluarganya sendiri. Secara mental, perawatan di rumah oleh orang-orang terdekat jauh lebih positif ketimbang menjalani perawatan di rumah sakit. Tapi, untuk bisa seterusnya menjalani perawatan di rumah, Sharon harus beradaptasi lebih dulu.

loading...