Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siamang Diam, Burung Pun Tak Berkicau

Rabu, 09 Maret 2016 – 13:27 WIB
Siamang Diam, Burung Pun Tak Berkicau - JPNN.COM
Penampakan GMT di Jakarta, Rabu (9/3) pagi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Usai melakukan observasi terhadap perilaku satwa di Taman Mini Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, ada beberapa hewan cenderung mengubah tabiatnya.

Menurut salah seorang peneliti, Maman‎, hewan primata seperti siamang biasanya agresif di pagi hari. Siamang menurutnya, kerap bersaut-sautan mengeluarkan suara jeritan pada kelompoknya. Namun, saat gerhana matahari berlangsung, hal itu tidak terjadi.

‎"Siamang itu teriak-teriak, biasanya teriak-teriaknya itu pagi untuk makan. Tapi tadi pagi saat gerhana dan suasana sedikit mendung tidak keluar kandang sama sekali," kata Maman, Rabu (9/3).

‎Kejadian ini ternyata tidak dialami oleh siamang saja. Lutung dan satwa jenis burung pun, kata dia, enggan keluar dari kandangnya.

‎Burung-burung yang biasanya mengeluarkan kicauannya di pagi hari dan kerap mengitari kandangnya untuk membersihkan diri, juga berperilaku berbeda saat gerhana.

"Burung-burung itu seperti menganggap malam jadi tidur tidak bergerak. Biasanya burung itu terbang mengitari kandangnya," pungkas Maman. (mg4/jpnn)

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close