Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siapa Menteri di 2 Kementerian Baru, Ini Analisis Bang Emrus Sihombing

Jumat, 16 April 2021 – 05:59 WIB
Siapa Menteri di 2 Kementerian Baru, Ini Analisis Bang Emrus Sihombing - JPNN.COM
Pengamat politik Emrus Sihombing. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Komunikolog Emrus Sihombing mengatakan munculnya dua kementerian baru yaitu, Kementerian Investasi (Kemeninves), serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), sebaiknya dijadikan momentum melakukan evaluasi seluruh jabatan pemerintah di bawah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut dia, setidaknya evaluasi dilakukan pada empat hal utama yakni kinerja, kemampuan melakukan manajemen pengawasan sehingga tidak terjadi penyimpangan, aseptabilitas publik, dan dukungan politik di Senayan.

Dia mengatakan pada empat variabel tersebut diberi skor masing-masing 25 persen. Pejabat yang mendapat total skor 80 ke atas sebaiknya tetap menduduki jabatan publik tersebut.

“Sebaliknya, pejabat yang mendapat skor di bawah 80, sangat wajar di-reshuffle atau paling tidak direposisi,” kata Emrus dalam keterangannya, Kamis (15/6) malam.

Dia menambahkan khusus untuk dua kementerian baru, yakni Kemeninves dan Kemendikbudristek, sebaiknya dipercayakan kepada sosok yang pantas, kredibel, dan berani membuat terobosan baru.

“Tentu sejalan dengan yang dikehendaki oleh presiden di dua kementerian yang baru ini,” jelas Emrus.

Menurutnya, menteri investasi harus mampu memacu pertumbuhan penanaman modal yang sangat signifikan di Indonesia.

Baik itu yang bersumber dari modal asing, dan juga mempersuasi WNI yang modal dan atau kekayannya parkir di luar negeri masuk ke Indonesia.

Komunikolog Emrus Sihombing menyampaikan analisis ihwal siapa sosok yang pantas menjadi menteri di dua kementerian baru, Kemeninves dan Kemendikbudristek.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close