Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siapakah Joe Biden? Ini Profilnya

Minggu, 08 November 2020 – 09:19 WIB
Siapakah Joe Biden? Ini Profilnya - JPNN.COM
Joe Biden. Foto: AP/Carolyn Kaster

jpnn.com - Amerika Serikat (AS) bakal memiliki presiden baru. Joe Biden dari Partai Demokrat akan menjadi Presiden ke-46 AS.

Biden kini menyandang status elected president setelah mengalahkan Donald Trump yang notabene calon presiden petahana dari Partai Republik.

Lantas, siapakah Joe Biden?

Pria bernama asli Joseph Robinette Biden itu lahir pada 20 November 1942 di Scranton, Pennsylvania. Namun, Biden tumbuh dan besar di Delaware.

Peraih gelar sarjana hukum dari Syracuse University, News York itu menjadi senator pada 1972. Kala itu Biden tercatat sebagai satu dari enam senator termuda dalam sejarah AS.

Selanjutnya, Biden enam kali terpilih sebagai senator dan duduk sebagai wakil rakyat selama 36 tahun. Suami Jill Biden itu dikenal berpengaruh di Komite Luar Negeri Senat AS.

Baca Juga:

Pada Pilpres AS 2008, Biden menjadi pendamping Barack Obama. Dia menjadi wakil presiden selama dua periode kepresidenan Obama, yakni 2009-2013 dan 2013-2017.

Pada masa pemerintahan Obama, peran penting Biden ialah menggenjot sektor infrastruktur untuk memperbaiki ekonomi setelah krisis finansial 2008. Pada 2010, Biden bernegosiasi dengan para politikus Partai Republik di Kongres AS untuk membuat Undang-Undang Keringanan Pajak.

Joe Biden kini menyandang status elected president setelah berhasil mengalahkan Donald Trump yang notabene calon presiden petahana dari Partai Republik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close