Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siberkreasi Sebut 76 Persen Keputusan Konsumen Dipengaruhi Sosmed

Jumat, 17 Maret 2023 – 12:45 WIB
Siberkreasi Sebut 76 Persen Keputusan Konsumen Dipengaruhi Sosmed - JPNN.COM
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)  menyelenggarakan Pekan Literasi Digital bersama kelompok masyarakat & komunitas di kota Medan. Foto dok. Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)  menyelenggarakan Pekan Literasi Digital bersama kelompok masyarakat & komunitas di kota Medan. 

Kegiatan yang diselenggarakan bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi pada 9 Maret di Hall Kampus 5 Universitas Prima Indonesia, Kota Medan ini dikuti 1.000 orang secara luring dan daring.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Medan Arrahmaan Pane mengatakan bahwa 82 persen masyarakat sudah menggunakan Internet sehingga literasi digital sangat dibutuhkan agar masyarakat lebih bijaksana dalam berinternet. 

"Harapannya bisa melek digital dan tidak terjebak dengan hoaks di medsos. Jadi, harus bijak-bijak menggunakan kata-kata dan berpikirlah sebelum mengunggah sesuatu di internet,” ucap Arrahmaan dalam keterangannya dikutip Jumat (17/3).

Pemanfaatan teknologi digital juga sudah dilakukan di lingkungan Pemkot Medan. Arrahmaan menyatakan bahwa Pemkot Medan sudah menerapkan tanda tangan elektronik sehingga urusan surat-menyurat sudah bisa diselesaikan di mana saja dan kapan saja.

Dewan Pengarah Siberkreasi Yosi Mokalu menjelaskan bahwa masyarakat harus berhati-hati saat beraktivitas di dunia maya, hal ini dikarenakan setiap hal yang diposting di Internet akan menjadi jejak digital.

 “Jadi, ketika di masa depan berkolaborasi dengan banyak pihak dan mereka menanyakan (tentang) sosmed kita, kita bisa bangga menunjukkan jejak digital kita yang positif,” jelas Yosi.

Ketua Komite Edukasi Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO), Silmi Novita Nurman memaparkan bahwa hoaks adalah sebuah tipuan dan kebohongan yang menyamar sebagai kebenaran sehingga kemampuan mengelola informasi yang baik itu sangat penting dimiliki oleh masyarakat. 

Siberkreasi: mengungkapkan sebanyak 76 persen keputusan konsumen.dipengaruhi Sosmed

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close