Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sidak ke RSUD Cilegon, Begini Temuan Jokowi soal BPJS

Jumat, 06 Desember 2019 – 14:03 WIB
Sidak ke RSUD Cilegon, Begini Temuan Jokowi soal BPJS - JPNN.COM
Presiden Jokowi saat sidak ke RS Cilegon. Foto: Setpres

jpnn.com, CILEGON - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di RSUD Kota Cilegon, Banten, pada Jumat (6/12) pagi. Ketika itu, suami Iriana ingin mengetahui secara langsung pelayanan BPJS Kesehatan di sana.

Dari sidak itu, Jokowi mendapati sejumlah temuan di antaranya hampir 90 persen peserta BPJS kelas III yang berobat di RSUD Kota Cilegon, merupakan penerima bantuan iuran (PBI).

"Hampir tadi 90 persen memang BPJS. Memang sama seperti rumah sakit lain ya saya kira 70-80 persen itu PBI yang gratis. Sisanya 20 persen memakai yang mandiri, bayar sendiri," ucap Jokowi.

Hal ini menurutkan hampir sama dengan temuannya di dua daerah yang sebelumnya pernah dilakukan sidak, yakni di Lampung dan Subang.

Ketika disinggung mengenai keluhan pasien yang dia temui, mantan wali kota Surakarta ini menjelaskan bahwa pelayanan di masing-masing rumah sakit berbeda-beda. Ada yang sudah bagus dan ada yang dalam proses pembenahan.

Pada intinya, Jokowi tidak melihat ada keluhan berarti walaupun di tiga rumah sakit yang dikunjunginya masih diperlukan pembenahan fasilitas, terutama untuk kelas III.

"Masih banyak rumah sakit kita yang fasilitasnya belum diperbaiki. Itu tugas pemerintah daerah, tugas pemkot, pemkab, tugas provinsi. Karena rumah sakitnya untuk kepemilikan hampir semua dimiliii provinsi, kabupaten dan kota," tandas Jokowi. (fat/jpnn)

Presiden Jokowi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di RSUD Kota Cilegon, Banten, pada Jumat (6/12) pagi.

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close