Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Silakan Gatot Nurmantyo ke Sini jika Mau Lihat 2 Patung Soeharto di Satu Lokasi

Senin, 04 Oktober 2021 – 23:38 WIB
Silakan Gatot Nurmantyo ke Sini jika Mau Lihat 2 Patung Soeharto di Satu Lokasi - JPNN.COM
Patung Presiden Kedua RI Soeharto di Bukit Soeharto, Desa Biting, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo. Foto: Fais Nasrullah/JPNN

jpnn.com, PONOROGO - Belum lama ini mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo berbicara soal tiadanya patung sosok Presiden Kedua RI Soeharto.

Menurut Gatot, hal itu merupakan ironi jika dibandingkan banyaknya patung Proklamator RI Bung Karno.

Namun, di Ponorogo, Jawa Timur, ada patung Soeharto yang dibuat pada 2019 lalu. Jumlahnya pun tak hanya satu, tetapi dua sekaligus di lokasi yang sama.

Kedua patung replika tokoh berjuluk Bapak Pembangunan itu ada di kawasan Bukit Soeharto, Desa Biting, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo.

Insiator pembuatan dua patung itu ialah para pengelola kawasan wisata Bukit Soeharto. “Pembuatan patungnya dimulai 2019,” ujar Wahyu Bintoro selaku ketua pengelola destinasi pelesiran di perbatasan Ponorogo dengan Wonogiri itu.

Menurutnya, pembuatan patung itu dilakukan bersamaan dengan perbaikan jalan menuju Bukit Soeharto. Semula di kawasan wisata itu hanya ada monumen, taman, dan musala.

Pak Harto selaku Presiden RI meresmikan kawasan itu pada 2 Maret 1978. Namun, Bukit Soeharto sempat terbengkalai cukup lama setelah penguasa Orde Baru itu lengser.

Hingga pada 2019, Bintoro dan rekan-rekannya sesama anggota tim pengelola Kawasan Wisata Bukit Soeharto berikhtiar memolesnya. Semula hanya ada satu patung yang tingginya sekitar 2 meter di lokasi yang berada di kawasan Perhutani itu.

Para pegiat wisata mempercantik kawasan Bukit Soeharto dan mendirikan dua patung Soeharto pada 2019 dengan menggunakan dana pinjaman dari Yayasan DAMANDIRI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close