Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Simak 6 Pesan MUI di Tahun Baru 1 Muharam 1442 H

Rabu, 19 Agustus 2020 – 13:41 WIB
Simak 6 Pesan MUI di Tahun Baru 1 Muharam 1442 H - JPNN.COM
Majelis Ulama Indonesia. Foto: dok.JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Umat Islam di seluruh dunia akan memperingati Tahun Baru 1 Muharam 1442 Hijriah pada 20 Agustus. Peringatan tahun baru Islam kali ini masih dalam suasana pandemi wabah COVID-19.  

Oleh sebab itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyampaikan enam pesan sebagai berikut :

1. Mengajak kepada kaum Muslimin Indonesia untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia-Nya yang telah diberikan kepada kita semuanya, seraya berdoa dan berharap rida-Nya. Semoga di tahun 1442 Hijriah ini kita dapat meningkatkan amal kebajikan agar dapat memberikan kemanfaatan sebesar-besarnya bagi umat manusia, bangsa dan negara.

"Selain bersyukur dan berdoa, penting juga melakukan refleksi diri dan muhasabah untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT agar kita menjadi makhluk yang beriman dan bertakwa," kata Waketum MUI Zainut Tauhid Sa'adi dalam pesannya, Rabu (19/8).

2. Mengajak kepada seluruh bangsa Indonesia agar menjadikan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah sebagai tahun solidaritas dan kepedulian sosial terhadap sesama.

"Kami mengimbau kepada para aghniya', dermawan, dan pengusaha untuk menggalang kesetiakawanan sosial dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat yang menjadi korban dan yang terdampak pandemi virus Corona, agar masyarakat bisa selamat dan bangkit kembali ekonominya," tutur Zainut.

3. Meminta kepada pemerintah untuk bekerja lebih sistematis, terencana dan terprogram dalam menangani wabah COVID-19, agar jumlah korban tidak semakin bertambah dan penanganan terhadap masyarakat yang terdampak juga dapat segera diselamatkan, sehingga aktivitas masyarakat dapat kembali berjalan normal.

4. Mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya para tokoh bangsa untuk lebih mengedepankan sikap kenegarawanan, mendahulukan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan, membangun persaudaraan sejati, menciptakan kehidupan masyarakat yang rukun, harmonis, saling menghormati, mencintai dan menolong dalam semangat persaudaraan kebangsaan.

MUI menyampaikan enam pesan dalam rangka peringatan Tahun Baru 1 Muharam 1442 Hijriah pada 20 Agustus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close