Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Simak! Ini Gejala Baru yang Dirasakan Pasien Covid-19 di Lidah

Sabtu, 30 Januari 2021 – 18:08 WIB
Simak! Ini Gejala Baru yang Dirasakan Pasien Covid-19 di Lidah - JPNN.COM
Ilustrasi Covid-19. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jpnn.com - Para pasien covid-19 memiliki gejala yang berbeda-beda. Kini ada gejala baru virus corona yang disebut sebagai "Covid Tongue" atau gejala Covid-19 pada lidah.

Gejala ini disampaikan oleh Profesor epidemiologi di King's College London, Tim Spector. Spector menemukan dalam banyak kasus orang yang terinfeksi mengeluhkan perubahan warna lidah, pembesaran, dan masalah mulut lainnya.

"Melihat peningkatan jumlah covid tongues dan sariawan yang aneh. Jika Anda memiliki gejala yang aneh atau bahkan hanya sakit kepala dan kelelahan, tetaplah di rumah," ujar Spector.

Covid Tongue ditemukan Spector pada pasien covid-19 yang mengaku merasa tak nyaman dengan lidah mereka. Setelah diteliti, ada bercak atau luka seperti sariawan pada lidah pasien yang terkadang bisa terasa sakit.

Meski demikian, kondisi ini juga bisa dialami oleh penderita sariawan biasa atau herpes. Sehingga meski muncul bercak atau luka mirip sariawan di lidah, bukan berarti orang tersebut positif Covid-19.
 
Di Spanyol, dokter mengamati 666 pasien Covid-19 dan menemukan bahwa 78 orang di antaranya menunjukkan "temuan rongga mulut".

Dari kelompok itu, 11 persen mengalami peradangan pada benjolan kecil di permukaan lidah, lalu enam persen mengalami lidah bengkak dan meradang dengan lekukan di samping.

Enam persen menderita sariawan, empat persen memiliki area yang "tidak rata" di lidah, dan empat persen mengalami pembengkakan jaringan di mulut. Temuan ini tertuang dalam penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology.

"Rongga mulut membutuhkan pemeriksaan khusus dalam keadaan yang tepat untuk menghindari risiko penularan," tulis para peneliti dikutip NBC News.

Covid Tongue ditemukan pada pasien covid-19 yang mengaku merasa tak nyaman dengan lidah mereka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close