Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Simak Keunggulan Pengembangan Sensor Kamera Ponsel Besutan Sony

Senin, 16 Desember 2019 – 23:57 WIB
Simak Keunggulan Pengembangan Sensor Kamera Ponsel Besutan Sony - JPNN.COM
Ilustrasi logo Sony. Foto: engadget

jpnn.com - Sony mengenalkan inovasi baru terkait kemampuan sensor kamera ponsel. Direncanakan bakal diadopsi pertama kali di perangkat Oppo Find X2.

Teknologi anyar itu disebut Sony sebagai solusi 2x2 On-Chip Lens (OLC). Teknologi autofokus yang dipakai merupakan omni-directional PDAF, lansir GSM Arena.

Artinya, dengan teknologi tersebut, kamera Sony mampu memproses pengaturan fokus di kamera lebih cepat, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

Soal resolusi, Sony belum mau berlebihan meningkatkannya. Di mana, sensor terbaru itu masih beresolusi 48 megapixel.

"Kami menciptakan sensor PDAF CMOS pertama di dunia dengan arsitektur 2x2 on-chip lens. Sensor ini mempunyai sensor 1/2 inch 48 megapixel dengan ukuran pixel 0,8 mikron Quad Bayer untuk resolusi tinggi dan fungsi HDR, dan semua pixel PDAF-nya bisa dicapai dengan tingkat keterangan 1 lux," ujar Sony dalam pameran Electron Devices Meeting (IEDM).

Konfigurasi yang dipakai di sensor Sony ialah Quad Bayer, ada empat pixel yang mempunyai filter warna berbeda. Namun Sony melakukan perubahan pada konfigurasi tersebut, yang kemudian diberi nama 2x2 On-Chip Lens (OCL).

Keunggulannya yakni di performa autofokus, terutama dalam kondisi kurang cahaya. Sistem Phase Detection Autofocus (PDAF) mengandalkan pada pixel yang tak menjadi bagian pada gambar akhir, yang artinya pixel tersebut harus dibuat terpisah dan cakupannya berkurang.

Namun dengan sistem 2x2 OCL, semua pixel bisa dipakai sebagai sistem deteksi fokus, yang juga menjadi solusi bagi masalah terkait performa AF pada garis horizon yang rendah. (mg8/jpnn)

Sony mengenalkan inovasi baru terkait kemampuan sensor kamera ponsel. Begini kemampuannya!

Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close