Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Simak nih, Bu Susi Bicara soal Penenggelaman Kapal Maling Ikan

Minggu, 16 Juli 2017 – 08:07 WIB
Simak nih, Bu Susi Bicara soal Penenggelaman Kapal Maling Ikan - JPNN.COM
Susi Pudjiastuti. Foto: Miftahulhayat/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Susi Pudjiastuti menjelaskan, di awal penunjukannya sebagai menteri dia secara langsung meminta Presiden Jokowi untuk mendukung kebijakan penenggelaman kapal yang melakukan penangkapan ikan secara ilegal atau illegal unreported unregulated (IUU fishing).

Untuk melaksanakan kebijakannya itu, Susi sudah meminta ke presiden agar tidak diintervensi.

Susi menjelaskan, di awal penunjukannya sebagai menteri dia secara langsung meminta Jokowi untuk mendukung gebrakan tersebut.

‘’Saya bilang, kalau diperbolehkan saya akan tegakkan aturan dan membuat ini (IUU fishing) berhenti. Tapi Bapak (Presiden) harus dukung saya sepenuhnya, dan untuk sementara saya tidak mau diintervensi. Dan, saya belajar kita punya UU 45/2009 bahwa kita boleh tenggelamkan kapal yang tidak izin,’’ ujarnya di hadapan ratusan alumni Universitas Indonesia (UI) pada acara halal bihalal Ikatan Alumni (Iluni) UI di komplek Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan, kemarin (15/7).

Dalam pidato lebih dari satu jam itu Susi bercerita, kebijakan penenggelaman kapal harus dilakukannya agar dapat membangun Indonesia sebagai poros maritim dunia dengan mewujudkan laut sebagai masa depan bangsa.

Namun, kondisi ironis harus dihadapi Indonesia di mana meski lautan Indonesia merupakan yang terluas nomor dua di dunia, tetapi neraca perdagangan perikananm di Indonesia tercatat minim.

‘’Dari sensus ternyata 2003 ke 2013 jumlah rumah tangga nelayan berkurang dari 1,6 juta jadi 800 ribu saja. 115 eksportir pengolahan ikan yang tutup. Ekspor kita juga cuma nomor tiga. Dari sisi angka impor juga luar biasa tinggi,’’ urainya.

Di awal kepemimpinannya, perempuan berusia 52 tahun itu belajar dengan cepat dan mencari tahu penyebab utama kondisi itu yakni mengguritanya praktik penangkapan ikan secara ilegal.

Susi Pudjiastuti menjelaskan, di awal penunjukannya sebagai menteri dia secara langsung meminta Presiden Jokowi untuk mendukung kebijakan penenggelaman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close