Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Simak! Prediksi BMKG untuk Cuaca Seluruh Indonesia di Akhir Pekan Ini

Jumat, 31 Januari 2020 – 16:01 WIB
Simak! Prediksi BMKG untuk Cuaca Seluruh Indonesia di Akhir Pekan Ini - JPNN.COM
Awan hitam menyelimuti langit Jakarta. Foto: dok jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksikan dalam tiga hari ke depan yaitu 31 Januari – 2 Februari 2020 beberapa wilayah di Indonesia masih berpotensi dilanda hujan lebat disertai angin kencang.

Informasi dari Humas BMKG Taufan Maulana menyebutkan bahwa massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di sebagaian besar wilayah Indonesia kecuali Riau, Kepulauan Riau, Bangka belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Papua Barat.

Daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di wilayah Jawa Timur, NTT, Kalimantan Tengah, dan Papua.

Terdapat sirkulasi siklonik di Selatan Banten. Konvergensi memanjang di perairan Barat Bengkulu hingga Selatan Jawa Barat, dari NTB hingga NTT dan dari Kalimantan Timur hingga Sulawesi Tenggara.

Sedangkan daerah belokan angin terdapat di wilayah Samudera Hindia Barat Daya Sumatera, Kalimantan dan utara Sulawesi.

Untuk wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat 31 Januari 2020 yaitu Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Jawa Tengah, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara.

Kondisi yang sama masih berlangsung Sabtu, 1 Februari 2020 di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Tengah, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Sementara pada Minggu 2 Februari 2020 hujan lebat di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Tengah, NTB, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

BMKG sudah memprediksikan cuaca dalam tiga hari ke depan yaitu 31 Januari sampai 2 Februari 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close