Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sindikat Joki SBMPTN di Surabaya Terbongkar, Omzetnya, Wow!

Sabtu, 16 Juli 2022 – 07:15 WIB
Sindikat Joki SBMPTN di Surabaya Terbongkar, Omzetnya, Wow! - JPNN.COM
Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan menunjukkan barang bukti hasil kejahatan pelaku perjokian ujian masuk perguruan tinggi, Jumat (15/7/2022). ANTARA/Didik Suhartono.

jpnn.com, SURABAYA - Jajaran Polrestabes Surabaya membongkar sindikat joki ujian masuk perguruan tinggi negeri (PTN) setelah membekuk delapan orang pelaku.

Delapan pelaku itu dibekuk saat menjalankan praktik perjokian ujian tulis berbasis komputer seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (UTBK SBMPTN) di Surabaya pada 20 Mei 2022.

"Mereka memiliki peran masing-masing," kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Akhmad Yusep Gunawan pada Jumat (15/7).

Dalam beraksi, anggota sindikat joki SBMPTN itu ada yang berperan sebagai pembuat dan perangkai alat kamera dan komunikasi.

Konon, alat itulah yang dipasangkan kepada peserta pengguna jasa perjokian untuk merekam soal-soal UTBK SBMPTN.

Lalu, ada yang bertindak sebagai operator untuk mengirim soal-soal ujian yang terekam kamera tersebut kepada sejumlah pelaku lain sebagai master dan memang ahli menjawab.

"Jawaban-jawabannya dikembalikan kepada operator untuk kemudian didistribusikan melalui alat komunikasi kepada para peserta pengguna jasa sindikat perjokian ini," beber perwira menengah Polri itu.

Dalam pengungkapan sindikat joki UTBK SBMPTN itu polisi menemukan rumah di Surabaya yang digunakan sebagai titik basecamp oleh jaringan joki tersebut.

Anak buah Kombes Akhmad Yusep Gunawan membongkar sindikat perjokian masuk PTN atau joki SBMPTN di Surabaya. Omzetnya sampai Rp 6 miliar per tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close