Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Singgung Dampak PSBB, Sri Mulyani Sampaikan Kabar Kurang Menggembirakan

Jumat, 17 April 2020 – 16:05 WIB
Singgung Dampak PSBB, Sri Mulyani Sampaikan Kabar Kurang Menggembirakan - JPNN.COM
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: ANTARA/Wahyu Putro A

jpnn.com, JAKARTA - Kabar kurang menggembirakan datang Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Pasalnya, menteri keuangan terbaik se-Asia Pasifik 2019 ini memastikan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyebabkan terjadinya pembatasan aktivitas ekonomi dan pemberlakuan berbagai paket stimulus pajak sehingga akan memberikan tekanan kepada penerimaan pajak.

“Penerimaan pajak akan menghadapi tekanan berat pada bulan selanjutnya karena adanya perlambatan aktivitas ekonomi, pemberian stimulus dan fasilitas serta penurunan harga komoditas," kata Sri Mulyani dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (17/1).

Sri Mulyani mengatakan kondisi itu terlihat dari realisasi penerimaan pajak pada Maret 2020 yang sudah mulai memperlihatkan perlambatan, salah satunya pada Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21, yang hanya tumbuh 3,8 persen.

Salah satu penyebab pelemahan pertumbuhan pajak karyawan ini adalah perlambatan pembiayaan angsuran atau masa yang hanya tumbuh 4,11 persen.

Menteri Keuangan Sri Mulyani membeberkan dampak penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sektor ekonomi, termasuk penerimaan pajak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close