Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sistem Ganjil Genap Sukses, Patut Dicoba ke Kota Lain

Rabu, 29 Agustus 2018 – 13:40 WIB
Sistem Ganjil Genap Sukses, Patut Dicoba ke Kota Lain - JPNN.COM
Kendaraan ber-plat ganjil dilarang masuk tol dan berbalik arah saat penerapan hari pertama kebijakan ganjil genap di depan pintu masuk tol Bekasi barat 1, Cikampek, Selasa (13/3). Ganjil genap berlaku pukul 6 hingga 9 pagi. Ilustrasi : Iwan T/Indopos

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane menilai penerapan sistem ganjil genap selama Asian Games ternyata berhasil mengurangi kepadatan dan kemacetan lalu lintas di Jakarta.

Neta menyarankan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya perlu mendorong Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar melanjutkan penerapan ganjil genap usai helatan Asian Games.

Berdasar catatan IPW sebelum ada ganjil genap, perjalanan dengan mobil pada pagi hari dari Bekasi Timur, Jawa Barat, ke Semanggi, Jakarta, yang berjarak hanya 30 kilometer bisa mencapai 2,5 hingga 3 jam. Tapi dengan diterapkannya genap ganjil, waktu tempuhnya berkurang menjadi 1,5 hingga 2 jam.

"Selain itu kepadatan lalu lintas Jakarta berkurang drastis. Dari fakta ini bisa disimpulkan penerapan genap ganjil bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan Ibu Kota Jakarta," ungkap Neta, Rabu (29/8).

Neta mengatakan, Ditlantas Polda Metro Jaya perlu mengevaluasi program ganjil genap selama ini agar berbagai kekurangan dan kelemahannya bisa dibenahi. Misalnya pemasangan rambu-rambu yang maksimal, rekayasa lalu lintas alternatif dan penambahan angkutan umum, sehingga masyarakat punya pilihan untuk bisa melakukan aktivitas di ibu kota.

"Dengan berhasilnya penerapan ganjil genap di Jakarta, sudah saatnya pemerintah melakukan uji coba penerapannya di kota-kota besar Indonesia, sehingga kemacetan parah di kota-kota besar itu bisa diatasi," paparnya.

Oleh karena itu, berbagai terobosan perlu dirancang Polri bersama pemerintah untuk mengatasi kemacetan parah di berbagai kota di negeri ini. "Sebab kemacetan parah tersebut sudah menimbulkan ekonomi biaya tinggi bagi masyarakat," pungkasnya. (boy/jpnn)

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane menilai penerapan ganjil genap selama Asian Games ternyata berhasil mengurangi kepadatan dan kemacetan.

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close