Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sitti Bilang Renang Bisa Bikin Hamil, KPAI Bentuk Dewan Etik

Selasa, 25 Februari 2020 – 17:35 WIB
Sitti Bilang Renang Bisa Bikin Hamil, KPAI Bentuk Dewan Etik - JPNN.COM
Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty. Foto: Prisca Triferna/Antara

jpnn.com, JAKARTA - Pernyataan Komisioner KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) Sitti Hikmawatty yang menyebut kehamilan bisa saja terjadi ketika perempuan dan laki-laki berenang di kolam renang yang sama, menuai kontroversi.

Menyikapi hal itu, Ketua KPAI Susanto mengatakan pihaknya membentuk Dewan Etik yang akan mendalami kemungkinan pelanggaran dalam pernyataan Sitti Hikmawatty.

"Dewan Etik akan mengklarifikasi, mendalami, dan merekomendasikan hasil dari pendalaman yang dilakukan," kata Susanto saat dihubungi di Jakarta, Selasa (25/2).

Apakah Sitti bisa diberhentikan?,Susanto menjawab hal itu menjadi domain Dewan Etik dalam rekomendasi mereka.

Dijelaskan Susanto, pengangkatan dan pemberhentian komisioner KPAI sudah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 61 Tahun 2016 tentang Komisi Perlindungan Anak Indonesia.

Pasal 21 Peraturan tersebut menyebutkan ketua, wakil ketua, dan anggota KPAI diberhentikan oleh presiden atas usul KPAI melalui menteri, dalam hal ini adalah Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Pasal 22 Peraturan mengatur pemberhentian ketua, wakil ketua, dan anggota KPAI dengan hormat karena meninggal dunia, permintaan sendiri, sakit jasmani atau rohani terus menerus, atau berakhir masa jabatannya.

Sedangkan Pasal 23 mengatur pemberhentian ketua, wakil ketua, dan anggota KPAI dengan tidak hormat karena dijatuhi pidana karena bersalah melakukan tindak pidana kejahatan berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap atau melanggar kode etik KPAI.

KPAI membentuk Dewan Etik untuk mendalami pernyataan Sittu Hikmawatty yang menyebut perempuan bisa hamil jika berenang di kolam renang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close